Wisata Kulon Progo, Berenang di Mata Air Abadi Taman Sungai Mudal

Vien Dimyati ยท Minggu, 10 Februari 2019 - 10:00 WIB
Wisata Kulon Progo, Berenang di Mata Air Abadi Taman Sungai Mudal

Keindahan Taman Sungai Mudal (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Selalu saja ada hal menarik yang dapat dieksplor traveler ketika berwisata ke Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mulai dari pegunungan Menoreh, Kalibiru, hingga Gua Sriti, memiliki daya pikat tersendiri. Namun, jika Anda menginginkan sesuatu yang baru di Kulon Progo, tidak ada salahnya berkunjung ke Taman Sungai Mudal.

Taman Sungai Mudal merupakan objek wisata yang sedang hits di kalangan traveler milenial. Tempat ini awalnya hanya irigasi, kemudian diubah menjadi kawasan objek wisata.

Sungai ini terlihat lebih indah karena inisiatif warga yang melakukan gerakan bersih-bersih di mata air dan bantaran aliran Sungai Mudal. Kegiatan ini dimulai sejak 2011 oleh masyarakat Banyunganti. Berada di sini, traveler dapat menikmati air terjun, kolam pemandian, melihat flora dan fauna, jeram-jeram, serta pemandangan pegunungan Menoreh.

"Taman Sungai Mudal, tak sekadar bermain air di bawah naungan Gunung Kelir. Taman Sungai Mudal ini merupakan taman sungai yang berupa air terjun dan kolam alami. Airnya yang berwarna biru bening, serta jernih membuat sungai ini terlihat lebih bersih dan jernih. #ayodolan ke sini, di sini kamu bisa berendam, berenang atau bermain air. Tiket masuk Taman Sungai Mudal adalah Rp5,000. Foto dolan dari @wid_dx," tulis Instagram @ayodolan dikutip Minggu (10/2/2019).

Objek wisata air terjun dan kolam pemandian ini memiliki mata air yang memancar dari kedalaman gua. Alam yang berada di sekitarnya telah ditata sedemikian rupa menyerupai taman. Airnya jernih dan berwarna biru toska. Pemandangan alamnya menakjubkan dengan suhu udara yang sejuk, karena berada di Tebing Gunung Kelir.

Sebelum masuk ke kawasan kolam, pengunjung harus melewati jembatan bambu yang dibangun di atas bendungan. Di samping jembatan tersebut terdapat tangga bambu yang mengantarkan para pengunjung ke Air Terjun Mudal dan kolam lainnya yang lebih rendah.

Di sini, Anda dapat menikmati Air Terjun Kembang. Jika membawa anak-anak, juga tersedia kolam ramah anak dengan kedalaman 1 hingga 1,5 meter. Untuk dewasa, kedalaman kolamnya mencapai 1,5 hingga 2 meter.

Jika ingin mengambil foto saat di dalam kolam, disarankan datang pagi atau sore hari. Sebab, hasil foto terlihat lebih bagus. Air jernih di Taman Sungai Mudal akan bertemu langsung dengan sinar matahari, tepat berada di samping Anda, bukan di atas seperti saat siang hari.

Di sekitaran kolam terdapat berbagai jenis bunga, terutama bunga Anggrek. Jadi, wisatawan dapat menikmati alam sambil belajar mengetahui jenis-jenis bunga Anggrek. Pada saat kemarau, aliran airnya tidak terlalu deras. Namun, saat musim penghujan, debit airnya sangat deras, sehingga pengunjung dapat melakukan rappelling dan water canyoning di air terjun ini.

Bagi Anda yang berjiwa petualang, bisa mencoba trekking ke Watu Wayang. Tempat ini adalah tebing batu kapur. Di Watu Wayang, Anda akan menemukan banyak kera ekor panjang. Anda juga bisa berjalan-jalan keliling Taman Sungai Mudal yang sejuk dan asri karena dipenuhi pepohonan rindang serta bunga-bunga cantik.

Untuk menuju Taman Sungai Mudal cukup mudah. Dari Perempatan Tugu Yogyakarta – Menuju ke arah barat – Perempatan Demak Ijo di Ring Road Barat – Jalan Godean lurus. Kemudian ikuti petunjuk jalan sampai melewati Jembatan Sungai Progo – Ambil arah jalan menuju Goa Kiskenda – Pertigaan Goa Kiskenda lurus – Pertigaan hutan pinus belok kiri ke arah Kokap – Anda tinggal mengikuti papan penunjuk jalan ke Taman Sungai Mudal.


Editor : Vien Dimyati