Wisata Pantai Air Manis di Tanah Minang, Melihat Batu Malin Kundang

Vien Dimyati ยท Selasa, 06 November 2018 - 13:53 WIB
Wisata Pantai Air Manis di Tanah Minang, Melihat Batu Malin Kundang

Batu Malin Kundang (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Siapa yang tidak kenal dengan cerita legenda Malin Kundang yang berasal dari Sumatera Barat (Sumbar). Legenda rakyat yang menceritakan sifat durhaka seorang anak terhadap ibunya. Kemudian sang ibu murka dan mengutuknya menjadi batu. Kini batu karang menyerupai manusia bersujud ini dapat Anda lihat di Pantai Air Manis.

Sudah tidak diragukan lagi jika Pantai Air Manis ini terkenal indah di kalangan wisatawan. Pantai ini terletak kurang lebih 10 km ke selatan dari pusat kota. Letaknya berada di belakang Gunung Padang atau tepatnya di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Air Manis atau dalam dialek Minang disebut 'aia manih' merupakan pantai dengan garis pantai lebar, kontur yang landai, dan berpasir coklat keputihan. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang kecil serta memiliki panorama yang indah di sisi utaranya.

"Masih ingat dengan legenda Malin Kundang? Seorang anak yang durhaka terhadap ibunya sehingga dikutuk menjadi batu. Nah, coba sempatkan tengok Batu Malin Kundang ini di Pantai Air Manis. Selain dapat melihat Batu Malin Kundang, Sobat Pesona juga bisa bermain air di Pantai Air Manis yang terletak kurang lebih 10 kilometer ke selatan pusat kota Padang," tulis Instagram @Pesonaid_travel, dikutip Selasa (6/11/2018).

Keberadaan batu Malin Kundang menjadi daya pikat tersendiri. Bentuknya menyerupai manusia membuat orang penasaran untuk melihat. Apabila air laut sedang naik, ombak akan menghempas dan menutup batu Malin Kundang. Batu-batu itu menyerupai dinding kapal yang sudah pecah, dan akan terlihat menarik.

Jika air laut surut, traveler dapat berjalan ke Pulau Pisang yang memiliki luas satu hektare dan tak jauh dari Pantai Air Manis. Anda tidak bisa lama-lama di Pulau Pisang, sebab jika air kembali pasang, Anda tak bisa kembali ke pantai.

Jika tertarik menikmati keindahan Pantai Air Manis sambil melihat Batu Malin Kundang, Anda dapat mencapainya menggunakan kendaraan pribadi. Pantai Air Manis terletak di Kelurahan Aie Mani, Kecamatan Padang Selatan, Sumbar.

 


Editor : Vien Dimyati