5 Masakan Idul Adha di Berbagai Daerah Paling Populer, Yuk Cicipi

Vien Dimyati · Senin, 19 Juli 2021 - 14:39:00 WIB
5 Masakan Idul Adha di Berbagai Daerah Paling Populer, Yuk Cicipi
Mencicipi masakan Idul Adha di berbagai daerah (Foto: Instagram@bunbun_fafa)

JAKARTA, iNews.id -Ada banyak masakan Idul Adha di berbagai daerah yang terkenal enak dan lezat. Deretan masakan ini populer selalu disajikan saat Lebaran Idul Adha.

Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban sapi atau kambing. Biasanya, masakan Idul Adha di berbagai daerah identik dengan masakan daging kambing dan sapi. 

Anda juga bisa memasak menu-menu tersebut. Bisa dijadikan sate, gulai, rendang, sup, dan lainnya.

Lantas, apa saja masakan Idul Adha di berbagai daerah yang terkenal enak dan lezat? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (19/7/2021).

1. Rendang, Sumatera Barat

Sudah menjadi hal umum jika rendang menjadi salah satu masakan populer yang dimasak saat Lebaran. Masakan Idul Adha di berbagai daerah yang satu ini biasanya dimasak selama 4-6 jam sampai kuah mengering. Daging sapi diolah dengan berbagai rempah dan santan. 

2. Balanga, Sulawesi

Masakan Idul Adha di berbagai daerah yang banyak disajikan kepada anggota keluarga lainnya ada Balanga khas Sulawesi. Hidangan ini merupakan sate yang terbuat dari daging sapi atau kambing. Balanga biasanya disajikan bersama nasi kebuli. Masakan ini diadaptasi dari Arab. Bumbunya melimpah dan sangat khas.

3. Rabeg, Banten

Rabeg adalah masakan Idul Adha khas Banten. Rabeg terbuat dari olahan daging kambing bagian jeroan atau isi perut kambing. Butuh keahlian khusus saat memasak rabeg. Sebab, jika tidak, bau prengus dan amis khas kambing akan sangat menyengat.

4. Kari Kambing, Aceh

Sudah menjadi hal umum jika Aceh Terkenal dengan masakan kari. Ini menjadi salah satu masakan Idul Adha di berbagai daerah yang wajib dicicipi. Anda bisa membuat kari kambing khas Aceh. Kari merupakan sajian khas India yang kemudian menyebar ke banyak negara di dunia, salah satunya Indonesia.

5. Sate Kambing, Madura

Hidangan yang satu ini sangat terkenal saat perayaan Idul Adha. Sate kambing dimasak dengan cara dibakar dengan arang. Daging kambing dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan kayu bambu.

Editor : Vien Dimyati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda