Benarkah Opor Makanan Khas Indonesia?

Diaz Abraham ยท Minggu, 10 Mei 2020 - 19:47:00 WIB
Benarkah Opor Makanan Khas Indonesia?
Sasa meluncurkan Sasa Bumbu Opor. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Opor merupakan salah satu menu yang sering dimasak oleh umat Muslim di Tanah Air ketika menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Campuran berbagai rempah dalam masakan ini membuatnya terasa gurih dan pedas.

Biasanya opor akan dibuat dengan bahan utama seperti ayam, tapi tidak menutup kemungkinan diganti dengan daging sapi, telur, atau daging bebek. Walau lekat dengan tradisi masyarakat Indonesia, tapi olahan ini sebetulnya tidak berasal dari Indonesia.

Makanan ini merupakan hasil dari akulturasi budaya Arab melalui makanan khasnya, yakni gulai dan olahan asli India yaitu kari. Keduanya masuk ke Indonesia dan mengikuti kearifan lokal sehingga diadaptasi hingga akhirnya sekarang dikenal dengan sebutan opor.

Opor biasa dibuat dari campuran rempah seperti serai, daun salam, lengkuas, bawang putih, kemiri, jahe, bawang merah, dan merica. Namun, kita tak usah repot lagi menggabungkan bahan ini karena Sasa telah meluncurkan Sasa Bumbu Opor.

Walaupun merupakan bumbu instan, kelezatan masakan kita tidak bisa diragukan dan dapat bersanding dengan buatan koki terkenal. Hal ini karena bahan baku pembuatannya terdiri dari rempah pilihan, sehingga akan menjamin rasa dan aroma masakaan.

Sasa Bumbu Opor merupakan satu dari tiga varian rasa dari produk Sasa Bumbu Komplit, dua jenis bumbu lainnya yakni Bumbu Rendang dan Sasa Bumbu Gulai yang sudah dijual bebas di pasar tradisional hingga e-commerce.

Selama bulan Ramadan, banyak penawaran spesial yang diberikan yakni potongan harga hingga 30 persen jika membeli produk melalui Sasa Official Store di Tokopedia. Promo menarik lainnya berupa paket Ramadan yang terdiri dari 1 produk Sasa Bumbu Rendang dan Sasa Bumbu Opor dan tersedia di Alfamart. (Adv)

Editor : Tuty Ocktaviany

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda