Festival Bendi 2018 Ajak Anak Muda Maknai Hari Pahlawan

Vien Dimyati ยท Sabtu, 10 November 2018 - 16:19 WIB
Festival Bendi 2018 Ajak Anak Muda Maknai Hari Pahlawan

Fesitval Bendi digelar selama dua hari di Kebayoran Lama. (Foto: iNews.id/Vien).

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak cara bagi anak muda memaknai Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November. Salah satunya melalui perhelatan Bendi Festival 2018 yang diselenggarakan di Jalan Bendi Besar, Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan.

Selama dua hari, pada 10-11 November 2018, Bendi Festival 2018 mengusung tema Bendi Synchronize Fest. Beragam acara dihadirkan dalam festival ini. Mulai dari ziarah makam Bung Hatta di TPU Tanah Kusir, kompetisi kuliner Nusantara, pementasan seni dan budaya, bazar, penyuluhan bahaya narkoba, dan lainnya.

"Kami melakukan ziarah ke makam Bung Hatta di TPU Tanah Kusir. Ziarah ini akan menjadi kegiatan rutin dalam festival ini. Karena kita ketahui anak muda tidak ada waktu mengunjungi makam Bung Hatta. Makanya kami ingin ingatkan kepada generasi muda untuk mengenang para proklamator," kata Yudhi Reyka Asmara, Ketua Panitia Bendi Festival 2018, di Kebayoran Lama Utara, Jaksel, Sabtu (10/11/2018).

Bendi Festival memasuki tahun kedua. Pada tahun sebelumnya festival ini mengusung tema Budaya Betawi. Tahun ini lebih menarik karena ada kompetisi kuliner Nusantara dengan menyajikan 10 menu khas Nusantara yang akan dikompetisikan. Selain itu, ada tantangan dari Chef Axhiang untuk kaum milenial mengolah bahan makanan yang unik untuk dijadikan kuliner kekinian.

"Ada kompetisi kuliner Nusantara dengan 10 menu yang akan dikompetisikan oleh 10 peserta. Kami ingin tahu respons masyarakat bagaimana dengan diadakan kompetisi. Adapun beberapa menunya seperti betutu, bumbu Bali, laksa, pindang, patin, kari ayam, ayam penyet, dan lainnya. Ini hanya menu lokal. Untuk lomba milenialnya, anak muda ditantang oleh chef Axhiang. Dikasih bahan dan mereka masak dari bahan kekinian. Misalnya dari singkong dan bahan aneh lainnya," kata Yudhi.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Sri Yuliani Saraswati mengatakan, Bendi Festival merupakan event kreatif anak muda untuk melakukan hal positif. Terutama dalam memperingati Hari Pahlawan.

"Dalam memperingati Hari Pahlawan, tidak harus berziarah saja. Tetapi generasi muda memahami makna Hari Pahlawan dengan berkreativitas. Misalnya, tidak narkoba, dan melakukan hal positif. Selain itu, menjadi pahlawan tidak harus angkat senjata. Zaman sekarang menjadi pahlawan bisa melalui dunia kesehatan, jurnalistik, pemerintahan, dan lainnya. Kita harus menyesuaikan," ujar Sri Yuliani.


Editor : Adhityo Fajar