Ide Buka Usaha Food and Beverage, Minuman Es Teh Makin Digemari
JAKARTA, iNews.id - Belakangan ini banyak bermunculan minuman kekinian yang unik dan menarik. Selain enak, harganya pun bersahabat. Ya, beberapa minuman kekinian tersebut berupa kopi hingga teh.
Masing-masing memiliki keunikan dan ciri khas. Salah satu minuman kekinian yang banyak digemari masyarakat adalah Esteh Indonesia.
Minuman ini berbahan dasar teh yang dipadukan dengan berbagai pilihan rasa dan toping. Siapa saja pasti ketagihan mencicipi.
Pengusaha muda Kota Bogor yang juga CEO Esteh Indonesia Haidhar Wurjanto mengatakan, es teh identik sekali dengan minuman Indonesia, dengan hadirnya Esteh Indonesia ini dia berharap semua masyarakat Indonesia bisa menikmati rasa Esteh yang beragam.
"Esteh kelak bisa menjadi pilihan utama masyarakat dalam memilih minuman. Sejalan dengan campaign yang digaungkan oleh Esteh Indonesia yakni #semuaakanESTEHpadawaktunya," ujar Haidhar melalui keterangannya belum lama ini.
Menurut dia, berbisnis minuman kekinian dapat menjadi peluang bagi pemula untuk membuka usaha. Bahkan, Haidhar Wurjanto berhasil menggebrak penjualan Esteh Indonesia dengan ide marketing content yang berbeda dan kekinian melalui media sosial (medsos).
Berawal dari video TikTok yang menjadi viral, dia melihat potensi marketing yang lebih menguntungkan dengan media sosial.
"Dengan bisnis franchise, pebisnis pemula lebih mudah dalam mengontrol dan lebih menguntungkan dalam menjalankan bisnis. Karena dibantu oleh manajemen pusat sehingga risiko bisnis yang dibangun juga lebih kecil dan akan membawa peluang yang lebih sukses dan lebih besar," kata Haidhar.
Menurutnya, bisnis trading dan forex memang saat ini sedang diminati oleh para pebisnis pemula, tapi bisnis franchise dengan brandnya sudah dikenal banyak orang akan lebih menguntungkan dibanding trading yang memilik risiko tinggi.
"Bisnis franchise ini sangat cocok dipilih oleh pebisnis yang baru akan merintis usaha terutama di bidang food and beverages," katanya.
Haidhar mengatakan, Esteh Indonesia berusaha memperkenalkan produk ke seluruh daerah di Indonesia dan dunia nantinya.
"Ini gebrakan kami, perusahaan F&B yang memiliki produk utama teh dengan konsep grab & go dan dine in, sekaligus pelopor minuman teh di Indonesia dengan kualitas terbaik dan tentunya harga terjangkau," ujar Haidhar.
Dia menjelaskan, pada 2022 target Esteh Indonesia siap menciptakan 1.000 calon pengusaha baru. Selain itu menciptakan lapangan pekerjaan sebesar-besarnya untuk membantu pemerintah menyerap lapangan pekerjaan dari hulu hingga hilir serta dari sabang sampai Merauke.
"Ini dilakukan untuk menumbuhkan kembali optimisme para pencipta lapangan pekerjaan dan para pencari pekerjaan di masa pandemi Covid-19. Jadi kami ini kedai teh terbesar di Indonesia, karena kami lihat peluangnya di mana banyak yang bermain kopi sedangkan teh itu komodity nomor dua dikonsumsi setelah air putih," kata dia.
Editor: Vien Dimyati