Kangen Mencicipi Camilan Kampung, Yuk Bikin Kue Sagon Kelapa Manis

Vien Dimyati ยท Senin, 25 November 2019 - 17:09 WIB
Kangen Mencicipi Camilan Kampung, Yuk Bikin Kue Sagon Kelapa Manis

Mencicipi kue sagon (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Camilan jadul ini memang tidak banyak dijual di pasar tradisional. Biasanya kue yang memiliki nama sagon ini muncul ketika Hari Raya.

Rasanya manis, gurih, dan legit. Cocok dimakan sambil menyeruput teh manis hangat. Jika saat ini Anda sedang kangen dengan camilan kampung. Cobalah mencicipi kue sagon yang dapat menjadi alternatif.

Cara membuatnya juga mudah. Karena teksturnya garing dan kering, kue ini bisa disimpan lama di dalam toples. Anda hanya membutuhkan beberapa bahan-bahan seperti kelapa tua, gula pasir, tepung ketan, dan lainnya.

Ingin tahu resep lengkap dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @resepjajananpasar, Senin (25/11/2019).

Bahan :

1/2 butir kelapa cukup tua
125 gr tepung ketan
100 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
80 ml air

Cara Membuat :

1. Parut kelapa searah serat/memanjang, lalu sangrai hingga kering, tapi tidak sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan dinginkan sebentar.
2. Campur kelapa sangrai, tepung ketan, gula pasir, garam, vanili bubuk dan air, aduk rata. Jika terlalu kering, beri air secukupnya, aduk rata lagi hingga menjadi adonan yang dapat dicetak.
3. Siapkan loyang dan cetakan bulat berbentuk ring (atau sesuai selera). Letakkan ring di atas loyang, beri 1 sdm adonan, ratakan. Lepaskan ring, kerjakan sampai selesai untuk sisa adonan. Beri jarak 1 cm antar kue.
4. Panggang dalam oven api kecil 160°C sampai matang sekitar 30 menit.
5. Angkat dan dinginkan. Simpan dalam wadah tertutup rapat.


Editor : Vien Dimyati

TAG : kuliner