Kenalan dengan Buah Mentawa Asli Kalimantan yang Langka, Rasanya Legit dan Harum

Nurul Amanah · Senin, 26 September 2022 - 16:19:00 WIB
Kenalan dengan Buah Mentawa Asli Kalimantan yang Langka, Rasanya Legit dan Harum
Mengenal buah mentawa yang legit (Foto: Instagram @yola_vrs)

JAKARTA, iNews.id - Anda pasti sudah sering menjumpai atau bahkan mengonsumsi buah nangka. Tapi, apakah Anda mengetahui, nangka memiliki beberapa kerabat?

Ya, buah tersebut bernama Mentawa. Buah mentawa merupakan salah satu buah lokal yang cukup unik dan langka. Buah mentawa semakin langka karena habitat alaminya adalah hutan hujan tropis. Alih fungsi habitatnya menjadi penanaman monokultur sangat berpotensi menurunkan populasi mentawa yang semakin langka

Mentawa berasal dari Kalimantan Barat. Menjadi salah satu kerabat dari buah nangka. Buah yang memiliki nama latin mentawa Antocarpus anisophyyllus ini memiliki nama lain. Adapun beberapa nama tersebut, yaitu mentawak, puan, pupuan, mentaba, mendaba, bintawak, bakil, keledang babi, dan tarap ikal. Pohon mentawa tumbuh liar di hutan-hutan dataran rendah hingga ketinggian 1.200 mdpl.

Buah yang mentah dapat dipakai sebagai bahan sayur seperti halnya nangka muda. Buah yang telah matang dapat dimakan daging buahnya. Daging buah mentawa yang manis dan harum mengandung karbohidrat hingga 92 persen, serat sekitar 2 persen, proteinnya rendah 3,5 - 7 persen, dan kadar lemak sangat rendah.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda