Legitnya Apem Panggang Tape Singkong, Teksturnya Lembut Mudah Dibuat

Vien Dimyati ยท Senin, 20 Januari 2020 - 16:48 WIB
Legitnya Apem Panggang Tape Singkong, Teksturnya Lembut Mudah Dibuat

Legitnya Apem Panggang (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Makanan yang satu ini terbilang jajanan jadul. Kue apem yang terbuat dari tape singkong, tepung beras, dan santan ini memiliki rasa gurih. Biasanya tersaji saat ada acara hajatan, pesta, dan lainnya

Biasanya, kue apem dimasak dengan cara dikukus. Kali ini, Anda bisa membuat kue apem panggang. Teksturnya lembut. Cocok disantap kapan saja.

Jika tertarik ingin mencicipi kue apem, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @resepjajananpasar, Senin (20/1/2020).

Bahan :

60 gr tape singkong
90 gr gula pasir
130 gr tepung beras
35 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt ragi instant
220 ml santan kekentalan sedang
1 lembar daun pandan

Cara Membuat :

1. Rebus santan dengan daun pandan hingga mendidih, matikan api. Sisihkan dan biarkan hingga hangat.
2. Dalam wadah, haluskan tape sambil dibuang sumbunya, tambahkan gula, aduk hingga menyatu dan lembut.
3. Campur adonan tape, tepung beras, terigu, dan ragi. Tambahkan santan sedikit-sedikit sambil diaduk-aduk terus hingga rata dan adonan terasa ringan. Diamkan adonan kurang lebih satu jam, tutup dengan kain atau serbet dapur.
4. Panaskan cetakan dengan api kecil. Setelah satu jam, aduk adonan sebentar, pindahkan ke gelas takar supaya mudah dituang ke cetakan.
5. Oles cetakan yang sudah panas dengan margarin, tuang adonan hingga penuh, lalu tutup cetakan, tunggu hingga permukaan mengeras. Keluarkan dari cetakan. Siap disajikan.


Editor : Vien Dimyati