Mencicipi Kue Carabikang Mawar, Jajanan Pasar Khas Semarang Rasanya Manis

Vien Dimyati · Senin, 10 Februari 2020 - 15:10:00 WIB
Mencicipi Kue Carabikang Mawar, Jajanan Pasar Khas Semarang Rasanya Manis
Manisnya kue carabikang (Foto : Instagram@resepjajananpasar)

JAKARTA, iNews.id - Carabikang merupakan salah satu jajanan pasar legendaris yang hingga saat ini masih eksis. Anda masih mudah menemukan kue ini di pasar atau toko kue.

Kuliner khas Semarang ini memiliki bentuk cantik mirip bunga mawar yang merekah. Rasanya manis dan gurih. Cocok disajikan kapan saja. Kue ini selalu ada saat ada acara pesta, hajatan, dan lainnya.

Carabikang terbuat dari tepung beras, tepung terigu, pandan, santan, dan lain-lain. Untuk membuatnya juga sangat mudah. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @resepjajananpasar, Senin (10/2/2020).

Bahan :

250 gr tepung terigu⁣
250 gr tepung beras⁣
250 gr gula pasir⁣
4 gelas santan kental⁣
daun pandan⁣
Garam⁣
Air garam (untuk olesan cetakan)⁣
Pewarna makanan⁣

Cara Membuat :

1. Rebus santan dengan daun pandan dan garam, aduk terus sampai mendidih, angkat, dinginkan.
2. Campur semua bahan kering, tambahkan santan secara bertahap, aduk-aduk sampai adonan tercampur rata dan tidak bergerindil.
3. Bagi adonan, masing-masing beri warna sesuai selera. Panaskan cetakan dengan api sedang-besar, pastikan sudah benar-benar panas, olesi cetakan dengan air garam, tuang adonan ke dalam cetakan secara bergantian.
4. Biarkan muncul lubang-lubang kecil secara merata. Pastikan sudah matang, angkat cetakan, letakkan di atas kain/serbet basah.
5. Keluarkan bikang dari cetakan. Letakkan di atas gelas (bagian bawah gelas) atau kertas bikang, tekan mulut spuit ke bagian tengah bikang, bagian tepi sentuh tipis dengan pisau menjadi 6 bagian, tekan bikang ke bawah dengan jari-jari sampai mekar⁣.

Editor : Vien Dimyati