Mencicipi Kue Sarang Semut, Kuliner Nusantara dengan Rasa Karamel

Vien Dimyati ยท Kamis, 15 Agustus 2019 - 15:40 WIB
Mencicipi Kue Sarang Semut, Kuliner Nusantara dengan Rasa Karamel

Lezatnya kue sarang semut. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Kue Nusantara yang satu ini bisa Anda dapatkan di pasar-pasar tradisional. Teksturnya lembut dengan rasa karamel. Cocok disantap sambil menyeruput kopi atau teh hangat.

Dinamakan kue sarang semut karena kue ini berongga-rongga seperti sarang semut. Warna coklat pada kue sarang semut berasal dari campuran karamel.

Kue ini memiliki tekstur yang lembut, empuk, dan kenyal. Untuk membuatnya juga sangat mudah. Anda dapat berkreasi sendiri di rumah. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @cakedankue, Kamis (15/8/2019).

Bahan:

400 gram gula pasir
400 ml air panas
5 butir telur ayam
1 sdt vanila
150 ml susu kental manis coklat
120 terigu protein sedang (50 gram tapioka sisa terigu)
150 grm butter
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder

Cara Membuat:

1. Panaskan gula pasir dalam wajan dengan api kecil, biarkan meleleh sampai menjadi karamel, tuang air panas, aduk rata. Dinginkan, saring. Dan takar menjadi 400 ml. Sisihkan.

2. Kocok telur dan vanila dengan handwhisk cukup sampai rata dan berbusa masukan tepung terigu, tapioka yang sudah diayak terlebih dahulu, berselang seling dengan larutan karamel. Masukan susu kental manis, mentega/margarin leleh aduk rata, masukan soda kue, baking powder aduk rata dan saring. Adonan memang cair.

3. Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah dioles margarin dan taburi tepung tipis, panggang dalam oven suhu 170 derajat Celsius sampai matang atau sesuaikan oven masing-masing.


Editor : Tuty Ocktaviany