Nicholas Saputra Ketagihan Masak Menu Nusantara karena Alat Dapur Canggih
JAKARTA, iNews.id - Selama masa pandemi Covid-19, tren masyarakat yang hobi memasak semakin meningkat. Mereka mulai mengeksplorasi berbagai resep untuk diolah menjadi masakan lezat.
Hobi memasak selama masa pandemi ini juga dialami oleh publik figur Nicholas Saputra. Selama masa pandemi, Nicholas memiliki hobi baru yaitu memasak.
Tidak tanggung-tanggung, dia berani mengeksplorasi masakan Nusantara yang memiliki cita rasa autentik.
Menurut Nicholas Saputra, pekerjaan memasak itu tidak hanya dilakukan oleh perempuan. Laki-laki juga harus bisa masuk dapur dan mengolah berbagai bumbu dapur untuk menjadi masakan lezat.
"Saya suka masak makanan Indonesia Indonesia. Tadinya sempat gak suka karena bumbu khas Indonesia itu banyak banget. Tapi ternyata setelah dicoba seru juga masak makanan Nusantara," kata Nicholas Saputra, di Jakarta belum lama ini.
Nicho menambahkan, hobi baru ini juga didukung dengan kesukaannya pada tanaman. Dia sampai menanam sayuran hingga cabai dan memetik sendiri untuk dikonsumsi.
"Selama pandemi Covid-19, saya sempat di villa. Di sana saya menanam sayuran, seperti bayam, kangkung, oyong, cabai, dan lainnya. Itu ditanam dan dimasak sendiri. Ada kepuasan tersendiri, sehingga saya jadi hapal nama sayuran dan bumbu," kata dia.
Adapun beberapa masakan yang suka dia masak adalah dimsum dan woku. Karena dia suka berada di dapur, tidak heran jika Nicholas Saputra juga memiliki berbagai koleksi peralatan dapur untuk menunjang kegiatan dia di dapur.
Nicholas Saputra menambahkan, alasan dia memiliki hobi memasak juga karena didukung dengan peralatan dapur yang canggih dan baik. Walau alat dapur tersebut buatan Eropa, yang paling penting bisa dipakai untuk masakan Nusantara.
"Kalau dapur itu kan sudah permanen dan tidak bisa diutak-atik. Maka itu saya menggunakan produk yang tahan lama dan berkualitas. Terutama secara estetika bagus dan fungsi," katanya.
Tidak hanya memerhatikan bagian dapur untuk memasak, Nicholas juga sangat perhatian dengan kulkas. Menurut dia, kulkas menjadi bagian penting untuk menyimpan bahan baku.
"Saya tidak bisa sering belanja, jadi suka stok bahan masakan di kulkas. Bisa kapan saja masak. Maka itu harus kulkas yang berkualitas," kata dia.
Perlu diketahui berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Pusat Studi Pangan dan Gizi UGM bersama dengan Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia (APKEPI) menyatakan selama pandemi, masyarakat lebih senang memasak dan makan di rumah karena ada mandat stay at home, social distancing, PSBB dan sebagainya.
Perubahan pola konsumsi masyarakat didorong oleh sejumlah faktor seperti mengurangi paparan keramaian, meningkatkan konsumsi makanan sehat, memastikan keamanan makanan dengan mengolah makanan sendiri di rumah, serta keinginan untuk mengonsumsi makanan lokal.
Hal ini sejalan dengan kampanye Miele “Chef at Home” di mana Miele mendukung konsumen untuk menjadi koki di rumahnya sendiri. Miele merupakan produsen peralatan rumah tangga premium yang sudah ada sejak 1899.
Ester Theresia Tika, Marketing Manager PT. Bloomfils International (distributor resmi Miele di Indonesia) mengatakan, Miele menggandeng Nicholas Saputra dalam kampanye Miele di Indonesia. Salah satu wujud kampanye adalah memproduksi video yang dibintangi oleh Nicho.”
Inisiasi untuk bekerjasama dengan Nicholas Saputra tentu dengan alasan yang kuat, yaitu karena telah mengenal Nicho jauh sebelum kampanye ini berlangsung.
"Kami mengenal Nicho sebagai salah satu pelanggan setia dan merupakan sosok tepat. Kami ingin membuat Miele dekat dengan masyarakat urban Indonesia, oleh karenanya, kami menggandeng Nicho mulai dari proses brainstorm ide pembuatan video bertajuk My Cooking Experience with Miele Generation 7000," kata Ester.
Nicholas Saputra mengatakan, ada beberapa nilai unggul yang membuat dia jatuh hati dengan alat dapur ini, di antaranya, secara secara visual, memiliki desain yang seamless, modern dan everlasting, sehingga dapat berpadu selaras dengan interior dapur. Kemudian, tidak hanya cantik secara visual, alat dapur ini mudah digunakan.
"Jadi, ya semua orang bisa jadi koki di rumahnya sendiri. Tadinya kita berpikir, produk ini hanya mendukung resep-resep western, ternyata engga. Miele bisa mempertegas cita rasa sajian Nusantara ketika digunakan untuk mengolah resep-resep Nusantara" kata Nicholas Saputra.
Editor: Vien Dimyati