Puding Unik Terbuat dari Ketan Hitam, Enaknya Dimakan saat Dingin

Vien Dimyati ยท Rabu, 18 Maret 2020 - 16:43:00 WIB
Puding Unik Terbuat dari Ketan Hitam, Enaknya Dimakan saat Dingin
Puding ketan hitam (Foto : Instagram@cakedankue)

JAKARTA, iNews.id - Membuat puding dengan rasa cokelat atau keju mungkin sudah biasa. Kali ini, jika ingin mendapatkan resep terbaru membuat puding, Anda bisa mencontoh resep ini.

Puding manis dan unik ini terbuat dari ketan hitam sebagai campuran. Meski demikian, bahan utama membuat dessert ini sama, yaitu memakai agar-agar, gula, santan, dan lainnya.

Puding ketan hitam mudah dibuat di rumah. Cocok untuk disajikan kepada keluarga saat liburan atau bersantai di rumah.

Untuk membuatnya sangat mudah. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @cakedankue, Rabu (18/3/2020).

Bahan :

100 gr ketan hitam, rendam semalaman
1.000 ml air (atau lebih) untuk merebus ketan hitam
3 sdm bubuk agar-agar
1.500 ml santan, dibagi
10 sdm gula pasir, dibagi

Cara Membuat :

1. Dalam panci, rebus ketan hitam dan 3 sdm gula dengan air cukup banyak. Rebus dengan api sedang hingga ketan betul-betul empuk dan mengembang. Tambahkan air bila perlu. Awasi jangan sampai gosong. Sisihkan.
2. Di panci kedua, masukkan 500 ml santan, 2 sdm gula, dan 1 sdm bubuk agar-agar. Aduk rata. Rebus dengan api kecil hingga mendidih, sambil sesekali diaduk. Tambahkan 1/2 bagian ketan hitam. Aduk rata. Matikan api. Tuang lapisan ini pada dasar loyang yang telah dibasahi sedikit air. Biarkan hangat.
3. Dalam panci lain, masukkan 500 ml santan, 3 sdm gula, dan 1 sdm bubuk agar-agar. Rebus api kecil sampai mendidih, dan sesekali diaduk. Matikan api. Dengan menggunakan sendok sayur, tuangi lapisan putih di atas lapisan ketan hitam yang sudah mulai set. Tuang dengan hati-hati. Biarkan hangat.
4. Ulangi langkah no. 2. Tuang adonan ketan hitam di atas adonan putih yang sudah mulai set. Tuang perlahan dengan sendok sayur. Biarkan hingga betul-betul set. Dinginkan di kulkas. By@ichasavitry.

Editor : Vien Dimyati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda