Resep Burger Sehat Buat Camilan Weekend di Rumah

Siska Permata Sari ยท Sabtu, 20 Juni 2020 - 17:49 WIB
Resep Burger Sehat Buat Camilan Weekend di Rumah

Inspirasi membuat burger Vegan (Foto : Good to Know)

JAKARTA, iNews.id - Akhir pekan adalah waktu yang pas untuk mengkreasikan masakan di rumah. Daripada pergi ke kafe atau restoran, masak di rumah menjadi opsi yang aman selama masa pandemi virus korona (Covid-19).

Masak burger menjadi pilihan menarik. Selain itu, burger masakan rumah juga cenderung lebih sehat karena pemilihan bahan dan bumbunya.

Buat Anda yang vegan juga bisa mengganti patty dengan sayur-sayuran, kacang, atau jamur. Yuk simak bahan-bahan dan resep bikin burger sehat di rumah, seperti dilansir dari Good to Know, Sabtu (20/6/2020).

Bahan:

1 bawang, dicincang halus
2 siung bawang putih, dilumatkan
500 g daging sapi tanpa lemak (5 persen lemak atau kurang)
1 sdm saus Worcestershire
Keju cheddar lemak berkurang 40g, diiris tipis
4 x 60g roti gandum, belah dan panggang
2 buah tomat, iris
Daun-daun selada
Mentimun, diiris
4 sdm atau puree tomat
Salad

Cara Penyajian:

1. Langkah pertama yaitu menyiapkan burger dengan memasukkan bawang, bawang putih, daging sapi, dan saus Worcestershire ke dalam mangkuk, bumbui dan cicipi menggunakan jari-jari Anda.
2. Setelah teraduk rata, bagilah campuran itu menjadi empat bagian dan bentuk masing-masing menjadi burger.
3. Letakkan daging di atas panggangan, semprot dengan semprotan api rendah kalori atau masukkan panggangan selama 10-12 menit atau sampai matang, lalu balik

4. Panggang daging sampai matang sesuai keinginan Anda, dan beri burger keju di 2 menit terakhir agar meleleh atau memberi kesan lumer.
5. Isi setiap burger dengan potongan tomat, selada, mentimun, burger, dan 1 sdm passata atau puree tomat. Sajikan panas dengan kentang goreng dan salad.

Selamat mencoba!

Editor : Vien Dimyati