Resep Donat Kampung dengan Toping Cokelat, Rasanya Enak dan Empuk

Vien Dimyati ยท Senin, 07 Oktober 2019 - 14:15 WIB
Resep Donat Kampung dengan Toping Cokelat, Rasanya Enak dan Empuk

Resep Donat Kampung (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Donat menjadi salah satu makanan lezat dan mengenangkan. Kue yang mirip dengan roti goreng ini memiliki bentuk bulat dengan lubang di tengahnya, dan tekstur lembut.

Jika Anda bosan dengan donat-donat kekinian dengan toping green tea, hingga red velvet. Kali ini, Anda wajib menjajal donat kampung dengan toping cokelat ceres.

Rasanya tidak kalah dengan donat kekinian. Cara membuatnya simpel dan cocok disajikan kapan saja. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @resepjajananpasar, Senin (7/10/2019).

Bahan :

250 gr tepung cakra
30 gr gula pasir
1 sdt ragi instant
25 gr susu bubuk
2 kuning telur
150 ml susu cair (bisa air es)
30 gr margarin (palmia royal)
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk

Cara Membuat :

1. Campur tepung, gula pasir, ragi dan susu bubuk dalam satu wadah. Aduk rata.
2. Masukkan kuning telur dan air es sedikit demi sedikit sambil terus diuleni. Hentikan bila dirasa sudah cukup. Uleni atau mixer sampai kalis (bisa pakai hand mixer).
3. Masukkan margarin, garam dan vanili, uleni hingga kalis elastis.
4. Bulatkan dan tutup rapat dengan cling wrap atau serbet bersih. Diamkan selama 45-60 menit atau hingga mengembang dua kali lipat.
5. Kempiskan adonan. Timbang adonan masing-masing 40 gr, lakukan hingga adonan habis. Diamkan selama 10 menit.
6. Rounding adonan dan gilas dengan rolling pin, bentuk bulat. Lubangi tengahnya pakai pangkal spuit/tutup botol. Diamkan lagi selama 15 menit sampai mengembang 1/2 kali dari adonan awal.
7. Panaskan minyak dengan api kecil. Goreng donat sampai matang. Cukup sekali balik ketika bagian bawahnya sudah kuning keemasan dan donat matang sempurna.
8. Angkat dan tiriskan. Donat siap diberi toping.


Editor : Vien Dimyati