Resep Dorayaki Lembut dan Enak, Cara Buatnya Mudah Pakai 1 Telur

Vien Dimyati · Sabtu, 09 Januari 2021 - 14:22:00 WIB
Resep Dorayaki Lembut dan Enak, Cara Buatnya Mudah Pakai 1 Telur
Mencicipi kue Dorayaki (Foto: Instagram@novita._.sari.)

JAKARTA, iNews.id - Kue khas Jepang ini sering dilihat dalam film kartun Doraemon. Kue bundar dan pipih ini bertekstur lembut dan memiliki nama Dorayaki.

Identiknya, kue Dorayaki merupakan pancake lezat yang berisi kacang merah. Berbahan dasar tepung terigu, gula pasir, dan telur. Kemudian Dorayaki dimasak dengan pan antilengket.

Untuk menikmati kue Dorayaki, Anda bisa berkreasi membuat dengan berbagai macam resep pilihan. Anda bisa berkreasi dengan cokelat, pandan, oreo, keju, dan lainnya. Bisa disesuaikan selera.

"Cemilan kw2-an Doraemon punya nih. Aslinya isiannya dikasih pasta kacang merah, lah kita mah pake seadanya aja ya yg penting tetep enak. Bikin camilan kesukaan kartun kezheyengan aku Doraemon pake 1 telur aja jadi 3 tangkup. Ini aku bikin versi Kw" nya rasanya nyoklat banget cucok buat cemilan sore atau sarapan pagi," tulis Instagram @novita._.sari.

Jika tertarik membuat kue Dorayaki, Anda bisa membuat di rumah dengan satu telur. Sangat irit, tetapi rasanya menggugah selera.

Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat kue Dorayaki lembut dan legit? Berikut ulasan resepnya dirangkum melalui Instagram @novita._.sari, Sabtu (9/1/2021).

Bahan:

1 butir telur
2 sdm gula pasir
4 sdm tepung terigu
1 sachet minuman rasa cokelat merk apa saja bebas
1/2 sdt baking powder
5 sdm air putih

Cara Membuat:

1. Dalam wadah masukkan telur & gula, lalu kocok manual sampai kental kurang lebih 10 menit (kalau mau cepat pakai Mixer).
2. Lalu campurkan terigu, baking powder, air, minuman rasa cokelat. Aduk rata pakai sendok.
3. Panaskan pan antilengket, tuang secentong adonan, biarkan sampai bolong-bolong merata, lalu balik sebentar, kemudian angkat, lakukan sampai adonan habis.

Penyelesaian:

1. Ambil satu lembar adonan yang matang, beri isian sesuai selera, terakhir tangkupkan selembar adonan lagi.
Dorayaki siap dinikmati.

Catatan:

1. Pakai api super kecil biar tidak gosong.
2. Harus didiamkan kurang lebih 10 menit biar nanti seratnya bagus.
3. Baking powder bisa diganti soda kue.
4. Isian sesuai selera, mau pakai selai, whipcream, dan lainnya.

Editor : Vien Dimyati