Dato Sri Tahir, salah satu orang terkaya RI pemilik rumah sakit mewah. (Foto: Istimewa)
Ikhsan Permana SP

JAKARTA, iNews.id - Bisnis rumah sakit (RS) merupakan salah satu yang sangat menjanjikan. Beberapa orang terkaya Indonesia terjun ke bisnis rumah sakit. 

Sejumlah konglomerat berharta puluhan triliun rupiah itu mendirikan rumah sakit dengan fasilitas lengkap. Umumnya rumah sakit yang dimiliki para miliarder ini merupakan rumah sakit dengan standar internasional dan kategori mewah.

Dilansir dari berbagai sumber, 3 orang terkaya RI pemilik rumah sakit mewah di Indonesia, yakni Boejamin Setiawan, Dato Sri Tahir, dan Mochtar Riyadi. Berikut selengkapnya:

1. Boenjamin Setiawan

Konglomerat Indonesia terkaya yang memiliki jaringan bisnis rumah sakit di Indonesia adalah Boenjamin Setiawan yang lahir pada 23 September 1933 di Tegal, Jawa Tengah. Dia merupakan pendiri Rumah Sakit Mitra Keluarga, yang pertama kali berdiri pada 1989.

Pria yang akrab disapa Dr Boen ini mengendalikan Mitra Keluarga yang sudah go public, yang mengoperasikan sebanyak 25 rumah sakit. Selain itu, pria yang memiliki gelar doktor di bidang farmologi ini juga pendiri perusahaan farmasi Kalbe Farma pada 1966 bersama lima saudaranya.

Dr Boen merupakan orang terkaya ke-8 di Indonesia dalam daftar Forbes tahun lalu. Adapun total kekayaannya mencapai 4,2 miliar dolar AS atau setara Rp61,2 triliun.

2. Dato Sri Tahir 

Pria kelahiran Surabaya pada 26 Maret 1952 ini merupakan pemilik Grup Mayapada, yang bergerak di berbagai bidang mulai dari perbankan hingga kesehatan, yakni Rumah Sakit Mayapada atau Mayapada Hospital. 

Mayapada Hospital merupakan salah satu rumah sakit swasta terbaik yang didirikan oleh Healthcare Group pada 1 Juni 2008 setelah mengakuisisi Honoris Hospital di kawasan hunia ekslusif Modern Land Tangerang. Sebagai bentuk komitmen untuk menyediakan pelayanan kesehatan berstandar internasional, Mayapada Hospital bekerja sama dengan Nasional Health Care Group Singapore. 

Dato Sri Tahir merupakan orang terkaya ke-16 dalam daftar Forbes tahun lalu, dengan kekayaan mencapai 2,4 miliar dolar AS atau setara Rp35 triliun. 

3. Mochtar Riyadi

Mertua dari Dato Sri Tahir ini juga memiliki bisnis rumah sakit. Mochtar Riyadi adalah pendiri Grup Lippo, dengan sejumlah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, termasuk kesehatan. 

Mochtar bisnis rumah sakit melalui bendera Siloam Group, yang telah menjadi perusahaan terbuka PT Siloam International Hospitals Tbk. Pada awal mendirikan RS, dia bekerja sama dengan Gleneagles, yang merupakan perusahaan jaringan rumah sakit di Singapura, dengan membangun RS Gleneagles. 

Namun setelah Gleneagles tak lagi melanjutkan kerja sama, Mochtar Riyadi tetap melanjutkan bisnis rumah sakit dengan mengubah nama menjadi RS Siloam. Sampai saat ini Rumah Sakit Siloam terus berkembang dan tersebar di wilayah Indonesia. 

Sementara itu, dalam daftar orang terkaya Forbes 2021, miliarder berusia 93 tahun ini berada di peringkat 23, dengan kekeyaan sebesar 1,7 miliar dolar AS atau setara Rp24,77 triliun.


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT