Tambang emas di Mimika, Papua jadi salah satu daerah penghasil emas terbesar di Indonesia. Foto: Antara 
Shelma Rachmahyanti

JAKARTA, iNews.idIndonesia menjadi salah satu negara yang memiliki cadangan emas sangat besar. Ada beberapa daerah di Indonesia yang menghasilkan emas terbesar. 

Adapun produksi emas di Indonesia pada tahun lalu berdasarkan data Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Ditjen Minerba) Kementerian ESDM, tercatat sebesar 78,9 ton. Sementara tahun ini, produksi ditargetkan meningkat 20 persen menjadi 94,9 ton. 

Sementara Forbes melaporkan pada tahun lalu, negara penghasil emas terbesar di dunia pada 2022 adalah China, dengan produksi mencapai 368,3 ton. Negara lain penghasil emas terbesar di urutan 2-10 di dunia, yakni Rusia, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Ghana, Brasil, Uzbekistan, Meksiko, Indonesia. 

Total produksi emas Indonesia pada 2022 sebanyak 100,9 ton. Produksi emas tersebut mayoritas dari tambang Grasberg di Mimika, Papua

Nah, berikut ini lima daerah produsen emas terbesar di Indonesia, dikutip dari berbagai sumber: 

1. Mimika, Papua

Mimika, Papua menjadi daerah penghasil emas terbesar di Indonesia. Daerah tersebut juga merupakan penghasil tambang emas terbesar, yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia. Diketahui, setiap harinya PT Freeport Indonesia bisa menghasilkan 240 kilogram (kg) emas murni.

2. Sumbawa, NTB

Pulau Sumbawa tepatnya di penambangan Batu Hijau, Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan daerah penghasil emas terbesar lainnya di Indonesia. Di lokasi ini, ditemukan emas mentah sebanyak 2,77 juta ons. Keberadaan emas di daerah tersebut banyak dilirik negara tetangga.

3. Gosowong, Maluku Utara

Gosowong, Halmahera Utara, Maluku Utara menempati posisi ke-3 sebagai lokasi tambang emas terbesar di Indonesia. Daerah ini dikelola oleh perusahan BUMN, yakni PT Aneka Tambang (Antam). Selama melakukan proses penambangan bijih emas, setidaknya sudah ada 20 juta ons yang telah ditambang dari tanah Halmahera ini.

4. Pujon, Kalimantan Tengah

Desa Pujon, Kalimantan Tengah juga menjadi salah satu lokasi penghasil emas terbesar di Indonesia. Desa ini sering dijuluki sebagai Desa Emas karena memiliki bijih emas. Diketahui, cadangan emas di tambang Pujon telah diperhitungkan tidak akan habis digunakan hingga beberapa puluh tahun mendatang.

5. Tujuh Bukit, Jawa Timur

Tujuh Bukit, Banyuwangi, Jawa Timur juga termasuk salah satu kota penghasil emas terbesar di Indonesia. Lokasi ini memiliki cadangan mineral yang diperkirakan mencapai 1,9 miliar ton. Dari total tersebut, 28 juta ons di antaranya adalah emas.

Lokasi penambangan mineral dan emas di Tujuh Bukit dikelolanya oleh PT BSI (Bumi Suksesindo). Perusahaan tersebut telah beroperasi sejak 2016.


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT