Badan Otorita IKN Nusantara akan menyediakan apartemen atau rusun untuk masyarakat yang saat ini bermukim di wilayah penyangga jika berminat tinggal di IKN. (Foto: Istimewa)
Iqbal Dwi Purnama

JAKARTA, iNews.id - Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan menyediakan hunian berupa apartemen atau rumah susun untuk masyarakat yang saat ini bermukim di wilayah penyangga jika berminat tinggal di IKN. Hal tersebut merupakan salah satu bukti bahwa pembangunan IKN tidak meminggirkan masyarakat asli Kalimantan.

"Jadi kita pingin tidak ada dalam pembangunan, masyarakat lokal itu dipinggirin, tidak ada itu konsepnya. Kebijakan afirmatif nanti akan dibangun (apartemen) di WP 1A itu apartemen atau rusun untuk MBR," ujar Deputi Bidang Transformasi Hijau dan dan Digital Otorita IKN Nusantara, Mohammed Ali Berawi dalam forum diskusi media di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Ali menambahkan, melalui pembangunan apartemen di IKN untuk masyarakat lokal Kalimantan Timur diharapkan bisa memberdayakan UMKM lokal untuk mengambil pasar dari ekosistem di IKN Nusantara.

"Kami akan berdayakan, tetapi pilihan mereka mau menjadi warga ibu kota atau tidak itu diberikan pilihan," kata dia.

Selain itu, menurutnya saat ini pemerintah juga sudah memberikan pembekalan pelatihan untuk masyarakat lokal agar bisa mempunyai keterampilan untuk berjualan atau berwirausaha di IKN Nusantara nantinya.

"Kemanker sudah memberikan pelatihan bagi ibu rumah tangga, membuat kue, untuk anak mudanya dibangunkan di wilayah bukit raya namanya smart village, disana dikasih komputer, dan memberikan literasi digital," ucapnya.

"Jadi semuanya kita rangkul, kita upskilling, reskilling sudah ada hampir lulusan dari trainingnya ini sekitar 2.000-an," sambungnya.



Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT