Investigasi awal Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menemukan adanya masalah pada sensor pesawat Boeing 737 MAX 8 yang jatuh di Karawang, Jawa Barat. Pabrikan Boeing bahkan sudah mengeluarkan petunjuk terbaru untuk mengantisipasi kesalahan sensor AOA dalam membaca data.
Selain pemeriksaan, mantan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) itu juga menerapkan sistem kerja bagi kru pesawat berdasarkan musim yakni low season dan peak season.
"Kami lihat secara statistik kecelakaan maskapai di dunia dan di Indonesia terjadi Oktober dan Desember karena maskapai banyak memforsir krunya yang tidak mengikuti seasonality tetapi terus konstan produksi," ucapnya.
Saat low season pada kuartal pertama dan ketiga, Garuda Indonesia mengurangi kru baik kokpit dan kabin yang diarahkan mengikuti pelatihan dan cuti.
Dengan begitu, kata dia, ketika memasuki peak season, para kru baik kokpit dan kabin akan kembali segar dan lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada penumpang.