Belanja Hijab Indonesia Tembus Rp91 Triliun, Sandiaga: Produk Lokal Harus Jadi Juara di Negeri Sendiri

Jeanny Aipassa
Menparekraf Sandiaga Uno.

JAKARTA, iNews.id - World Economic Forum (WEF) merilis data terbaru terkait total belanja hijab masyarakat Indonesia selama tahun 2022. Tercatat, total konsumsi hijab mencapai 1,02 miliar jilbab per tahun. 

Adapun nilai transaksi dari konsumsi jilbab tersebut mencapai 6,09 miliar dolar AS atau setara Rp91,135 triliun, namun produk lokal jilbab yang dibeli masyarakat Indonesia hanya sebesar 25 persen. 

Terkait hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mendorong agar produk lokal untuk hijab harus menjadi tuan rumah bahkan juara di negeri sendiri. 

Dia mengungkapkan, sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi terbesar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional, antara lain sebesar 7,38 persen terhadap total perekonomian nasional dengan total PDB sekitar Rp852,24 Triliun.

Dari total kontribusi tersebut, sub-sektor kuliner, kriya dan fasyen memberikan kontribusi terbesar pada ekonomi kreatif. leh karena itu, sub-sektor fesyen, khususnya produksi hijab harus terus dioptimalkan. Tujuannya agar Indonesia menjadi juara di negeri sendiri. 

Editor : Jeanny Aipassa
Artikel Terkait
Internasional
6 hari lalu

Ini Alasan AirAsia Bolehkan Pramugari Pakai Jilbab mulai 2026

Internasional
6 hari lalu

Maskapai AirAsia Bolehkan Pramugari Pakai Jilbab mulai 2026

Seleb
11 hari lalu

Sandiaga Uno Bikin Koleksi Fashion, Hasil Kolaborasi dengan Intresse

Nasional
15 hari lalu

Hoaks Masuk 5 Masalah Risiko Global, Wamen Komdigi: Sepanjang 2024 Ada 1.923 Konten 

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal