JAKARTA, iNews.id - "Di tengah wabah virus corona, pelaku UMKM bisa memaksimalkan pelayanan online”. Demikian pesan Presiden Joko Widodo, 19 Maret 2020 lalu guna menjawab keprihatinan dan suara pelaku UMKM yang merasa khawatir jika harus menutup usaha dan tinggal di rumah mengikuti anjuran pemerintah dalam penerapan kebijakan Physical Distancing.
BNI mengajak mitra-mitra binaannya yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) untuk memanfaatkan jaringan online guna memaksimalkan pemasaran produk-produknya melalui Program Belanja Produk Lokal dari Rumah Saja. BNI bersama mitra UMKM Rumah Kreatif BUMN melakukan inisiasi pemasaran online produk-produk UMKM anggota RKB dengan campaign #UntukUMKMIndonesia.
Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) BNI Tambok P Setyawati di Jakarta, Kamis (16/4/2020) menuturkan, dengan membeli produk UMKM dari RKB BNI ini, secara tidak langsung masyarakat turut membantu pelaku usaha rumahan agar tetap bertahan dengan bisnisnya di tengah pandemi Covid-19. Jika usaha berjalan, tentunya akan menahan laju pemutusan hubungan kerja (PHK), dan dapat menekan potensi gangguan sosial di masyarakat.
“Di tengah wabah Covid-19 ini, pemasaran online dengan memaksimalkan teknologi merupakan salah satu strategi untuk tetap bertahan bagi UMKM. Hal ini sejalan dengan misi RKB untuk menjadi wadah bagi UMKM dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha dengan cara Go Modern, Go Digital, dan Go Online,” ujarnya.
Melalui Program #UntukUMKMIndonesia, BNI telah memfasilitasi kurasi produk UMKM mitra RKB dari berbagai kota di Indonesia. Kurasi ini bertujuan untuk memudahkan para Sobat RKB, sebutan bagi pelanggan tetap mitra binaan tersebut, agar dapat memenuhi kebutuhannya tanpa harus keluar rumah melalui 3 langkah mudah yaitu Pesan, Bayar, Antar.