JAKARTA, iNews.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali berhasil menorehkan prestasi. Perusahaan ini kembali dinobatkan menjadi merek bank paling bernilai di Indonesia berdasarkan riset yang diterbitkan oleh Brand Finance Indonesia Top 100 Most Valuable Brands.
BRI masuk menjadi salah satu deretan perusahaan unggul dengan brand rating Triple A (AAA). Setidaknya terdapat delapan perusahaan (seluruh industri) yang memiliki nilai merek (brand value) di atas 1 miliar Dolar AS, dan BRI menempati peringkat dua dengan valuasi merek mencapai 3,09 miliar Dolar AS atau setara Rp44,8 triliun (asumsi kurs Rp14.500 per dolar Amerika Serikat). Khusus di Industri perbankan nasional, BRI memimpin dengan nilai tertinggi.
Seperti diketahui, Brand Finance menetapkan peringkat suatu perusahaan melalui tinjauan transaksi riil yang digunakan oleh pengguna merek di seluruh dunia. Untuk menentukan brand valuation, sebuah perusahaan akan diukur brand impact, brand earnings (forecast revenues), dan brand value-nya.
Aspek ini juga dihubungkan dengan reputasi merek yang diperoleh perusahaan. Maka, suatu perusahaan yang mendapat predikat most valuable dan strongest band dapat dilihat dari ukuran persepsi publik dan pengaruhnya terhadap permintaan pasar. Adapun acara Brand Finance Indonesia Top 100 Most Valuable Brands yang digelar oleh Majalah Investor dan Brand Finance dan disiarkan pada Selasa (8/2/2022).
Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi atas keberhasilan BRI dalam membangun transformasi bisnis. “BRI berhasil menjadi merek utama di industri perbankan yang melekat di masyarakat. Ini bukti dari keberhasilan perseroan dalam memberikan layanan prima kepada masyarakat luas,” tuturnya.