Eksportir Ikan Arwana, Michael Setio saat berbincang di Podcast Aksi Nyata Partai Perindo. (Foto: Tangkapan Layar)
Heri Purnomo

JAKARTA, iNews.id - Eksportir Ikan Arwana, Michael Setio menyebut dirinya pernah menjual ikan tersebut senilai Rp1,5 miliar untuk diekspor ke luar negeri. Adapun ikan yang dia jual Arwana jenis Super Red.

"Jadi kemarin kita sempat ekspor ke luar negeri sekitar 80.000 dolar AS, nah dan yang paling unik itu kita pernah jual di angka Rp1,5 miliar," ujar Michael saat berbincang di Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Sabtu (27/8/2022).

Michael menambahkan, dirinya menjual ikan Arwana jenis Super Red ke luar negeri dikarenakan orang-orang di luar negeri lebih mengapresiasi ikan hias. Selain itu, hal lain disebabkan tidak adanya ikan hias jenis ini di luar negeri. 

"Super Red ini memiliki nilai seni yang tinggi, karena saat masih kecil ikan ini belum keliatan merahnya masih terlihat berwarna putih, namun lama kelamaan akan berwarna merah, dan ini yang diapresiasi oleh orang luar negeri," kata dia.

Selain itu, ikan ini memerlukan perawatan yang ekstra, dan membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk dapat menghasilkan warna kemerahan pada tubuh ikan Arwana tersebut. 

Lebih lanjut, Michael menyebut, umur ikan Arwana memiliki jangka waktu yang lebih panjang dibandingkan ikan hias jenis lainnya. 

"Yang terpanjang (umurnya) pernah ditemukan sekitar 50 tahun," ucapnya.

Michael juga mengatakan bahwa ikan Arwana merupakan rajanya ikan hias, dan jenis Arwana Super Red merupakan jenis kebanggaan dari Indonesia yang memiliki habitat di sungai Kapuas dan Sentarum, Kalimantan.



Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT