Perkuat interaksi melalui Shopee Live, Careso berhasil tingkatkan penjualan
Sebagai Founder and CEO Careso, Joseph Sebastian menceritakan awal perjalanan yang dilalui bersama Shopee. Dia menuturkan, jika penjualan pertama produk Careso kepada konsumen adalah melalui Shopee. Bahkan, di hari pertama upload produk di Shopee, langsung ada yang membeli. Padahal, dia belum melakukan marketing dan masih toko biasa, belum menjadi Star Seller.
Melihat hal ini, pihaknya mulai memfokuskan penjualan Careso dan mengikuti berbagai kampanye di Shopee, hingga akhirnya bisa menjadi penjual Shopee Mall di tahun yang bersamaan.
"Bersama jaminan 100% Ori yang dimiliki Shopee Mall, eksposur kami juga semakin luar biasa karena masyarakat merasakan keamanan dan yakin terhadap produk dari toko resmi kami. Ini semua mengantarkan Careso hingga mendapatkan peningkatan penjualan 10 kali lipat saat kampanye angka kembar Shopee dibandingkan hari biasa. Dengan banyaknya keuntungan yang diberikan, khususnya untuk brand lokal seperti Careso, saya puas sekali dengan Shopee sebagai sebuah platform e-commerce yang mendukung hasil karya anak bangsa,” ujarnya.
Sebelumnya brand fragrance lokal yang dimulai dari bisnis rumahan pada 2019 ini mengalami tantangan besar saat akan meluncurkan produknya. Bagaimana tidak? Sudah siap untuk meluncurkan produk lewat offline retail ternama dengan toko yang tersebar di seluruh Indonesia, namun kemudian pandemi terjadi.
Saat itu, Joseph terpaksa harus mengubah strategi pemasaran dan penjualan Careso dengan bergabung bersama Shopee di awal 2020. Dimulai dari meluncurkan enam produk body fragrance di Shopee, hingga kini Careso sudah memiliki lini body lotion, EDP perfume, body wash, dan lini produk baru Careso Baby yang aman untuk kulit bayi.
Tidak hanya mengikuti berbagai kampanye yang Shopee hadirkan, Careso juga melihat peluang dan merasakan manfaat yang signifikan dari fitur Shopee Live dan Shopee Video. Memiliki produk wewangian yang tidak bisa ditunjukkan warna ataupun tekstur seperti produk kecantikan lainnya, kedua fitur interaktif Shopee ini memberikan kemudahan bagi Careso dalam membantu konsumen melakukan keputusan pembelian. Tiap produk Careso memiliki desain, warna, dan portrayal masing-masing yang dibuat untuk memicu imaginasi dan memori konsumen.
Dengan cara yang khas ini, Careso dapat mendeskripsikan wangi dari 16 jenis wewangian yang dimiliki dan memberikan rekomendasi secara langsung dari preferensi yang konsumen sampaikan di kolom komen melalui Shopee Live. Lewat Shopee Video, Careso juga sering memberikan tips dan info bagi konsumen sehingga lebih mudah memilih produk yang sesuai, seperti tips memilih antara body mist dan EDP Careso sesuai dengan kebutuhan.
“Kami melihat peningkatan drastis terhadap penjualan Careso setelah menggunakan kedua fitur interaktif Shopee. Kontribusi Shopee Live sangat besar bagi keseluruhan pendapatan Careso, di mana 40 persen total pendapatan di semester I-2024 berasal dari penjualan di Shopee Live. Platform Shopee ini sudah lengkap sekali untuk brand lokal seperti kita untuk tumbuh dan berkembang, dan fitur yang dimiliki menurut saya sangat di atas platform lain. Saya yakin jika Shopee dimanfaatkan dengan baik, dapat menjadi batu loncatan bagi kesuksesan lebih banyak brand lokal dan UMKM di luar sana,” tutur Joseph.
Luxcrime maksimalkan Shopee Video, hadirkan daya tarik belanja lewat konten kreatif
Membawa mimpi menjadi brand kecantikan lokal pilihan masyarakat, Luxcrime konsisten berinovasi menciptakan beragam lini produk yang mampu melindungi pesona kulit masyarakat Indonesia. Berdiri pada 2015, perjalanan Luxcrime kala itu tidak mudah karena masih banyak yang memandang produk kecantikan lokal sebelah mata. Sejak bergabung dengan Shopee, Luxcrime pun berhasil mentransformasi bisnisnya dengan menjangkau lebih banyak konsumen.