Huang, yang memiliki 28 persen saham di PDD, mendirikan perusahaan tersebut pada 2015 dan dengan cepat membangunnya menjadi raksasa e-commerce. Pengguna aktif tahunan PDD naik menjadi 788 juta pada Desember lalu, melebihi jumlah pengguna di pasar online Alibaba dengan 779 juta pengguna. Nilai pasar perusahaan mencapai puncaknya 178 miliar dolar AS sebelum turun menjadi sekitar 125 miliar dolar AS.
Huang, yang sekarang kekayaannya turun menjadi sekitar 35 miliar dolar AS atau Rp497,9 triliun, berhenti dari perannya sebagai chief executive officer (CEO) PPD pada tahun lalu dan mengundurkan diri sebagai ketua pada Maret 2021.
PDD adalah salah satu raksasa teknologi yang telah menjanjikan keuntungan perusahaan saat ini dan masa depan untuk berinvestasi dalam proyek-proyek filantropi di tengah kampanye Presiden Xi untuk menutup kesenjangan kekayaan China.
Bulan lalu, perusahaan mengumumkan akan mengalokasikan 1,5 miliar dolar AS untuk membantu pengembangan pertanian di negara itu. Sebelumnya, Huang dan tim pendiri PDD juga memberikan saham perusahaan senilai 2,4 miliar dolar AS kepada yayasan amal tahun lalu.