Qatar menduduki puncak daftar negara Muslim terkaya di dunia. (Foto: Reuters)
Viola Triamanda

JAKARTA, iNews.id - Islam merupakan agama dengan jumlah pemeluk terbesar kedua di dunia dengan total 1,9 miliar orang. Masyarakat pemeluk agama Islam ini juga turut tersebar ke berbagai negara bahkan ada beberapa negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. 

Negara mayoritas muslim ini tentu juga memiliki tingkat perekonomian tersendiri. Di antara negara ini terdapat beberapa negara yang masuk ke dalam kategori negara kaya. 

Untuk membandingkan nilai kekayaan warga antar negara, digunakan metrik perhitungan yakni Purchasing Power Parity (PPP). PPP akan menempatkan sekelompok barang, kemudian membandingkanya dengan berapa dana yang diperlukan warga di setiap negara (berdasarkan kurs masing-masing) untuk membeli produk. 

Dikutip dari berbagai sumber oleh MNC Portal Indonesia, berikut negara mayoritas muslim terkaya di dunia : 

1. Qatar 

Negara dengan populasi 1,7 juta jiwa ini menduduki puncak daftar negara Muslim terkaya di dunia dengan produk domestik bruto per kapita lebih dari 88.919 dolar AS untuk 2011. Negara ini juga memiliki pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. 

Pendorong utama pertumbuhan ini adalah peningkatan produksi dan ekspor gas alam, minyak, dan petrokimia yang berkelanjutan.

2. Kuwait

Kuwait memiliki jumlah penduduk sekitar 3,5 juta dengan produk domestik bruto per kapita negara ini adalah 54.654 dolar AS untuk 2011. Kekayaan negara ini didukung dengan cadangan minyak mentah, terbukti sebesar 104 juta barel, diperkirakan 10 persen dari cadangan dunia. 

Bahkan produksi minyak Kuwait turut diprediksi akan meningkat menjadi 4 juta barel unit pada tahun 2020. 

Tidak hanya itu, negara ini juga memiliki industri besar lainnya termasuk perkapalan, konstruksi. Jasa keuangannya juga berkembang baik bahkan Bank Nasional Kuwait adalah bank terbesar di negara ini dan salah satu yang terbesar di negara-negara Arab.

3. Uni Emirat Arab (UEA)

Minyak dan gas merupakan penyumbang terbesar Uni Emirat Arab di mana sekitar 25 persen dari PDB sebesar 48.222 dolar AS untuk 2011. Di dalam negeri, ekspor minyak bumi dan gas alam memegang peranan penting dalam perekonomian khususnya di Abu Dhabi. 

Tidak hanya itu, ledakan konstruksi raksasa dan perluasan basis manufaktur turut membantu negara itu mendiversifikasi ekonominya.

4. Brunei Darussalam

Negara ini memiliki PDB per kapita sekitar 50.506 dolar AS untuk 2010. Kekayaan negara ini didukung oleh ladang minyak dan gas alamnya yang luas.

Ekonomi negara ini didominasi oleh industri minyak dan gas selama 80 tahun terakhir, dan sumber daya hidrogen menyumbang lebih dari 90 persen ekspornya dan lebih dari setengah PDB-nya. 

Tidak hanya itu, negara ini adalah produsen minyak terbesar keempat di kawasannya dan pengekspor gas alam cair terbesar kesembilan di dunia.

5. Oman

Oman adalah negara Muslim terkaya dengan PDB per kapita sebesar 28.880 dolar AS pada 2011. Oman diperkirakan memiliki total cadangan minyak bumi sebanyak 5,5 miliar barel. 

Tercatat di tahun 2010, negara ini diperkirakan dapat memproduksi 816.000 barel per hari.

Selain itu negara ini juga telah meningkatkan jumlah produksi gas alam karena pengembangan ladang gas. Cadangan gas alam Oman diperkirakan mencapai 849,5 miliar meter kubik. Oman juga memiliki sumber daya mineral lain meliputi tembaga, emas, seng, dan besi. 


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT