Kawasan Mauk di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, ditata menjadi destinasi wisata Hutan Mangrove. (Foto: Istimewa)
Jeanny Aipassa

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menata perkampungan kumuh di pesisir Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. 

Nantinya pesisir Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten ini, akan menjadi destinasi wisata hutan Mangrove yang sejuk dan berada di tengah perkampungan nelayan. 

Seperti dikutip dari unggahan Kementerian PUPR di akun Instagram, @kemenpupr, disebutkan penataan dilakukan dengan meningkatkan kualitas permukiman kumuh di Mauk menjadi layak huni dan produktif. 

Hal itu, dimaksudkan untuk meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat setempat, agar tidak hanya hidup dari mata pencarian sebagai nelayan. 

"Peningkatan kawasan permukiman ini dilakukan melalui @pupr_ciptakarya untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan," bunyi pernyataan Kementerian PUPR, melalui unggahan di @kemenpupr, Rabu (1/9/2021). 

Dijelaskan, penataan Kawasan Mauk dikerjakan dalam 2 tahap, dimana tahap pertama telah selesai pada 2019, dan tahap II masih dalam proses.

"Kawasan Mauk diharapkan dapat menjadi tempat wisata hutan mangrove yang sejuk di tengah perkampungan nelayan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," demikian pernyataan Kementerian PUPR.


Editor : Jeanny Aipassa

BERITA TERKAIT