Dukung ajang MotoGP di Mandalika, Kemenhub siapkan pelabuhan untuk kapal pariwisata. Foto: Dok. Kemenhub
azhfar muhammad

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyiapkan transportasi laut di Pelabuhan Lembar khususnya Terminal Penumpang Gili Mas. Ini dilakukan untuk mendukung gelaran MotoGP pada 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

“Kemenhub melalui kantor KSPI bersama PT Pelindo telah melakukan beberapa pengembangan di Terminal Penumpang Gili Mas. Hal ini dilakukan untuk melakukan peningkatakan pelayanan serta fasilitas untuk kapal berstandar pariwisata termasuk kapal pesiar,” kata Kepala Kantor KSOP Kelas III Lembar R Pradigdo dalam keterangannya, Senin (17/1/2022). 

Adapun luas dermaga 440 meter x 26 meter dengan kapasitas ruang tunggu 1.500 orang. Selain itu, pengembangan juga dilakukan di beberapa zona, yaitu Zona Petikemas, Zona Logistik, Zona Perkantoran dan Bisnis Perdagangan, Zona Pariwisata/Marina, Zona Utilitas, Zona Pemerintah Draft Alur dan Kolam serta Kapasitas Kontainer. 

Sementara itu, ada tiga kapal yang beroperasi di Terminal Gili Mas, yaitu KM Mutiara Timur I dengan kapasitas penumpang 360 orang, KM Mutiara Barat dengan kapasitas penumpang 599 orang dan KM Mutiara Sentosa III dengan kapasitas penumpang 684 orang.

Menurutnya, Pelabuhan Lembar sudah mulai beroperasi.   Salah satunya KM Kirana VII yang mengangkut penumpang dan kendaraan dengan tujuan Surabaya - Lembar dan sebaliknya.

“Para pengusaha saat ini sudah mulai ramai bookingan untuk bulan Maret nanti untuk mengangkut puluhan unit kendaraan dari Makassar dan Surabaya menuju Lombok. Kami siap mendukung pariwisata dan pengembangan obyek pariwisata skala prioritas di Mandalika dengan menyiapkan sarana dan prasarana pelabuhan yang memadai," tuturnya.

Dia menuturkan, gaung MotoGP sudah mulai kelihatan sejak jauh hari dan sudah disiapkan sarananya. 

"Harapannya ketika animo masyarakat khususnya dari Pulau Jawa meningkat, kita sudah siap dari segi angkutannya,” ujar Pradigdo.


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT