Gandrung Belanja Online, Aprindo Beberkan Nasib Industri Ritel

Ade Miranti Karunia Sari
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

"Perubahan customer behaviour, mereka ingin lebih cepat dan praktis serta delivery cepat. Dan semua berakar dari internet ini," ucapnya.

Pada tahun 2018 ini, pengusaha ritel tidak berharap muluk-muluk untuk mencapai pertumbuhan. Pasalnya, untuk menggapai angka dobel digit akan sangat sulit karena perilaku belanja masyarakat yang sudah mulai bertransformasi ke arah digital atau online.

"Bisa 9 persen saja sama seperti 2016 sudah syukur atau omzetnya sekitar Rp250 triliun. Kita memang belum bisa mendongkrak pada angka dobel digit," katanya.

Roy sendiri sudah melihat para anggotanya yang kini sudah mulai beralih usaha ke perdagangan elektronik. Hanya segelintir saja yang bertahan dengan penjualan offline. Dan itu terjadi di kabupaten/kota yang masih menganut penjualan konvensional.

"Transforming retail, kita harus transform tidak bisa offline berdiri sendiri. Untuk yang 5 sampai 6 persen masih comfort atau tidak mau memasuki zona online. Karena ini merupakan toko serbaada atau toko kelontong yang sudah turun temurun. Jadi, masih yakin dengan penjualannya," ujarnya.

Dia juga menjelaskan, banyaknya ritel-ritel yang tutup dalam beberapa tahun terakhir karena mencari alternatif bisnis lain yang lebih diinginkan masyarakat. Bisnis-bisnis ini berkaitan dengan kegiatan leisure yang memang sangat pesat perkembangannya.

"Jadi, mereka tutup bukan berarti bangkrut. Mereka ini rata-rata melakukan relokasi melihat perkembangan zaman. Jadi, yang tadinya market saja, kini ditambah ada kafenya. Ya lebih ke arah lifestyle. Apalagi banyak anak muda yang paling hobi leisure," katanya.

Editor : Ranto Rajagukguk
Artikel Terkait
Bisnis
14 hari lalu

Shopee Rayakan 10 Tahun Berdayakan UMKM, Penjualan Tembus 270 Miliar Dolar AS secara Global

Bisnis
20 hari lalu

Akademisi Ungkap UMKM Kian Kompetitif di Era Digital: Produsen Besar Hadapi Tantangan Baru

Bisnis
20 hari lalu

Dekan FEB Untar Sebut Transformasi Industri Ritel dari Warung ke E-commerce Ubah Perilaku Konsumen

Belanja
1 bulan lalu

Digitalisasi Operasional Bantu E-Commerce Tumbuh Lebih Tangguh, Ini Alasannya! 

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal