Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinardy menuturkan, dalam memajukan daerahnya, setiap kepala daerah harus bisa memasarkan daerah mereka masing-masing, tentu dengan cara yang inovatif yang bersifat positif dan menarik.
"Bila kepala daerah memiliki jiwa entrepreneur, sangatlah mendukung keberhasilan setiap usaha mereka, baik walikota, bupati maupun gubernur,” ujar Audy.
Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa jiwa kewirausahaan seperti pengusaha sangat membantu, karena jiwa entrepreneur akan menghasilkan karya yang inovatif, bukan hanya sekedar mewarisi usaha orang tua mereka. “Tapi, yang berjiwa enterprenuer akan melakukannya dengan penuh inovasi,” ucapnya.
“Sekarang kita bersaing dengan tidak hanya di tingkat lokal, tapi juga internasional. Kuncinya, bagaimana kitab agar setiap daerah bisa mendatangkan investor atau wisatawan. Kalau ini bisa dilakukan maka, kita akan berhasil untuk memasarkan sekaligus membangun kota dan masyarakatnya," sambungnya.
Dari berbagai sambutan serta presentasi dari narasumber dalam acara studium generale tersebut, ada 10 rekomendasi yang dapat disimak oleh calon pemimpin daerah atau pemimpin daerah yang sedang lagi bertugas dalam memasarkan daerah mereka, yaitu:
1. Punya jiwa kejujuran dan dedikasi untuk membangun masyarakat secara ikhlas dalam jangka panjang.
2. Selalu meng-update pengetahuan dengan kondisi kekinian, sehingga melahirkan strategi dan program yang benar-benar tepat dan dibutuhkan masyarakat.
3. Menentukan program prioritas yang memiliki dampak luas kepada masyarakat.
4. Menjalankan program tersebut sesuai dengan tingkat kebutuhan serta waktu yang sudah ditentukan.
5. Mengukur keberhasilan program dengan indikator yang jelas serta memperbaikinya dengan mempertimbangkan masukan dari pihak yang berkompeten.
6. Memiliki jiwa kolaborasi yang positif agar bisa bersinergi dan mampu menyatukan berbagai bidang, seperti dinas dan instansi lain dalam mengembangkan program yang prioritas.
7. Berjiwa pantang menyerah untuk setiap program yang dijalankan sampai menghasilkan dampak yang signifikan bagi pemangku kepentingan.
8. Mensosialisasikan program dengan menggunakan berbagai channel komunikasi, seperti social media, sehingga informasinya dapat cepat tersebarluas dengan baik serta dimengerti masyarakat.
9. Mengembangkan program yang sangat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat, seperti mengembangkan pasar yang sehat sebagai tempat bertemunya supply dan demand serta menggerakkan UMKM, di samping aktivitas komunitas di berbagai bidang.
10. Selalu gencar untuk memasarkan berbagai program dalam investasi daerah ataupun wisata kepada para calon investor maupun wisatawan.