VP CSR Center Department Bank Mandiri, Diwangkoro A. Ratam, saat Konferensi Pers Wirausaha Muda Mandiri Tahun 2022 (WMM 2022), di Jakarta, Selasa (27/9/22). (Foto: MPI/Viola Triamanda)
Viola Triamanda

JAKARTA, iNews.id - Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri Tahun 2022 (WMM 2022) yang digelar PT Bank Mandiri Tbk kali ini menghadirkan kategori baru. 

Menurut VP CSR Center Department Bank Mandiri, Diwangkoro A. Ratam, WMM 2022 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena terbagi ke dalam sub kategori baru, yaitu boga atau bisnis makanan dan minuman, lalu kategori kreatif seperti kesenian dan budaya, fesyen, dan entertainmen. 

Kemudian kategori teknologi dalam bentuk bisnis atau inovasi digital, dan juga kategori sosial yang memiliki aspek pemberdayaan lingkungan dan jasa kepada masyarakat.

"Untuk kali ini benar benar dicocokkan dengan anak muda harapannya tentunya yang ikut akan lebih banyak dan kali ini berbeda dari tahun tahun yang lalu" kata Diwangkoro kepada MNC Portal Indoensia, seusai Konferensi Pers WMM 2022, di Jakarta, Selasa (27/9/22).

Dia menjelaskan, WMM 2022 ini diadakan dengan berbagai pembaharuan yang bertujuan untuk menarik lebih banyak wirausaha untuk berpartisipasi. 

Digelar sejak 2007, WMM yang dinisiasi Bank Mandiri ini bertujuan untuk mendorong lahirnya bibit-bibit unggul wirausaha muda kreatif, inovatif serta dapat berkontribusi aktif untuk menciptakan ekonomi Indonesia yang impresif.

"Seluruh peserta akan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran baru mengenai cara mengelola dan memaksimalkan potensi bisnis. Sekaligus memperebutkan posisi pemenang dengan total hadiah mencapai Rp2 miliar," ujar Diwangkoro. 

Dia memaparkan, kompetisi WMM 2022 akan dilanjutkan dengan Expo yang akan diadakan pada tanggal 8 hingga 10 Desember mendatang. Nantinya para alumni WMM juga turut serta berkesempatan untuk memperkenalkan produk mereka. 

"Tidak hanya itu, para alumni juga diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman menjadi pengusaha yang handal" ungkap Diwangkoro. 

Selama pergelaran Expo, lanjutnya, akan ada penampilan menarik dari para band dan artis kegemaran anak muda. Tentu ini menjadi strategi apik untuk menarik wirausaha muda. 

Dia melanjutkan WMM kali ini mengangkat tema "Proud be Enterpreneur". Bukan tanpa alasan, tema ini diangkat agar tumbuhnya rasa semangat dan pede dari anak muda untuk menjadi seorang wirausaha. 

"Wirausaha muda itu hebat, mereka harus keluar dari  zona nyaman dan menghadapi berbagai pasang surut dunia bisnis, dan itu adalah pilihan yang harus diapresiasi" tutur Diwangkoro. 

Sementara itu, untuk kategori wirausaha yang sebelumnya ada lima kategori yakni boga, kreatif, jasa, teknologi, dan sosial untuk tahun ini dipangkas. 

"Jasa dan sosial kita jadikan sayu karena yang kita inginkan adalah wirausaha disektor jasa mempunyai dampak sosial di masyarakat" ujar Diwangkoro. 


Editor : Jeanny Aipassa

BERITA TERKAIT