Menurut Dodot, UMKM juga dapat mencontoh dan belajar dari bisnis yang sudah besar dalam memberikan pelayanan. “Meskipun skala usaha mikro tapi pelayanan harus berupaya menyesuaikan standar makro,” tuturnya.
Penerapan hospitality tidak hanya menjadi kunci dalam menjaga loyalitas pelanggan, tetapi juga menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan pertumbuhan usaha. Pelaku UMKM juga diimbau untuk menciptakan diferensiasi agar dapat unggul dengan penjual lainnya di industri yang sama.
“Suasana yang menyenangkan dalam berbelanja akan mempengaruhi bagaimana pembeli merasakan pengalaman, apalagi jika UMKM paham preferensi pelanggan tentu akan berimbas pada meningkatnya penjualan karena terbangun rasa nyaman,” ujarnya.
PNM percaya dengan menerapkan hospitality akan menciptakan hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan sebagai investasi yang sangat berharga untuk keberlangsungan usaha mikro.