Hasil Riset Snapcart: Perilaku Belanja Online selama Ramadan 2022

Rizqa Leony Putri
Snapcart melakukan riset konsumen untuk mengetahui tren perilaku masyarakat dalam berbelanja online selama tiga bulan terakhir. (Foto: Ist)

Tren Perilaku Belanja Online selama Ramadan

Ramadan banyak mengubab kecenderungan perilaku sebagian besar masyarakat Indonesia. Pada masa bulan puasa ini, menariknya justru banyak masyarakat Indonesia yang lebih aktif pada malam hari daripada siang hari. Perubahan perilaku ini juga terlihat dalam kebutuhan mereka dalam berbelanja online.

Hasil riset Snapcart menemukan 34 persen responden lebih suka berbelanja pada malam hari (antara pukul 18.00-24.00 WIB), diikuti 29 persen responden berbelanja pada siang hari (pukul 12.30-15.00), 15 persen responden suka berbelanja pas waktu ngabuburit (pukul 16.00-18.00 WIB) sambil menunggu waktu berbuka puasa, 14 persen responden mengaku lebih suka belanja pada pagi hari (pukul 09.00-11.00), dan 8 persen responden mengaku suka memanfaatkan waktu setelah sahur sambil menunggu subuh (pukul 03.00-06.00 WIB) untuk berbelanja online.

“Ini menarik. Dibandingkan pada bulan biasa, umumnya orang jarang belanja di malam hari,” kata Astrid.

Lantas tren perilaku belanja online juga dapat diamati melalui pilihan produk paling banyak dibeli selama Ramadan 2022. Riset Snapcart menunjukkan, fashion dan aksesoris tetap menempati posisi paling tinggi 68 persen, diikuti sebanyak 49 persen responden membeli produk-produk makanan dan minuman untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari untuk sahur dan berbuka selama Ramadan.

Kemudian, sebanyak 45 persen responden membeli produk kosmetik dan perawatan, sedangkan 31 persen responden lainnya mengaku membeli peralatan rumah tangga. “Ini sesuai dengan budaya Indonesia, Ramadan dan Lebaran identik dengan memakai baju baru. Produk fashion dan aksesoris pun menjadi peringkat nomor satu,” tutur Astrid.

Rangkaian Promo Menjadi Daya Tarik Utama di Program Ramadan

Dengan kebutuhan Ramadan yang beragam, promo menjadi salah satu hal yang paling dicari oleh masyarakat. Melalui survey ini ditemukan 77 persen responden menjadi Rangkaian Promo Menarik menjadi hal yan paling dicari dalam program yang dihadirkan oleh pemain e-commerce pada bulan Ramadan.

“Potongan harga atau penawaran terbaik menjadi salah satu aspek yang menjadi daya tarik utama pada setiap program yang dihadirkan khususnya selama bulan Ramadan,” kata Astrid.

Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait
Belanja
10 hari lalu

Cara Cerdas Belanja Kebutuhan Rumah: Jadi ShopeeVIP!

Seleb
16 hari lalu

Hearts2Hearts Tampilkan Gaya Ceria dan Playful di Iklan Shopee 11.11 Big Sale

Belanja
21 hari lalu

Teknologi Digital Berkembang Pesat, Tren Belanja Online di Indonesia Tumbuh

Belanja
26 hari lalu

Tips Aman Belanja Online, Jangan Gampang Klik Link Sembarang!

Belanja
31 hari lalu

ShopeeVIP Bikin Belanja Sehari-hari Jadi Lebih Dekat, Lebih Spesial Tiap Kali Checkout

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal