Ini 3 Platform E-Commerce yang Dimanfaatkan Kemendag untuk Tingkatkan Ekspor UMKM

Advenia Elisabeth
Ilustrasi UMKM. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perdagangan (Kemendag) membeberkan sejumlah e-commerce yang dimanfaatkan untuk mendorong ekspor UMKM memasuki pasar global. Salah satunya, dengan memanfaatkan platform digital yang dikelola perwakilan dagang Indonesia di luar negeri. 

Hal itu, diungkapkan Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) Kemendag, Ni Made Ayu Marthini, dalam lokakarya kepada pelaku usaha ekspor untuk memaksimalkan pemanfaatan e-commerce, beberapa waktu lalu. 

Menurut dia, secara umum potensi ekspor UKM Indonesia masih didominasi oleh produk-produk seperti aksesori, batik, kriya, fesyen, serta makanan dan minuman olahan. 

Terkait dengan itu, ada tiga platform e-commerce yang dimanfaatkan Kemendag untuk meningkatkan ekspor UMKM, yakni IDNStore, Indomatjar, dan Goorita.com. 

Ditjen PEN Kemendag melaksanakan sosialisasi dan lokakarya secara reguler untuk memanfaatkan platform digital sebagai sarana ekspor promosi ekspor sehingga dapat menjangkau para pelaku ekspor secara luas.

Editor : Jeanny Aipassa
Artikel Terkait
Bisnis
8 hari lalu

Satu Dekade Shopee, Ciptakan Dampak bagi Ekosistem lewat Inovasi dan Kolaborasi

Bisnis
24 hari lalu

Shopee Rayakan 10 Tahun Berdayakan UMKM, Penjualan Tembus 270 Miliar Dolar AS secara Global

Bisnis
29 hari lalu

Akademisi Ungkap UMKM Kian Kompetitif di Era Digital: Produsen Besar Hadapi Tantangan Baru

Bisnis
29 hari lalu

Dekan FEB Untar Sebut Transformasi Industri Ritel dari Warung ke E-commerce Ubah Perilaku Konsumen

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal