Jasa Marga Siapkan Sistem Pembayaran Tol Tanpa Berhenti

Antara
Jasa Marga menyiapkan teknologi pembayaran Nir Henti (tanpa berhenti) dengan terus menguji coba pembayaran tol Single Lane Free Flow (SLFF). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mempersiapkan teknologi pembayaran Nir Henti (tanpa berhenti) dengan terus menguji coba terbatas pembayaran tol Single Lane Free Flow (SLFF). Seperti apa sistem ini?

"Jasa Marga telah mempersiapkan implementasi teknologi pembayaran Nir Henti dengan terus menguji coba terbatas pembayaran tol Single Lane Free Flow (SLFF) with barrier dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) berbasis server, yang dikenal dengan nama FLO, baik di Pulau Jawa maupun Bali," ujar Corporate Secretary Jasa Marga, M Agus Setiawan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/6/2020).

Agus menuturkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan, sepanjang 2019 Jasa Marga juga meningkatkan pelayanan dengan memberlakukan perubahan sistem transaksi dan pengembangan teknologi operasi.

Menjelang periode mudik Lebaran 2019, Jasa Marga mengubah sistem transaksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan merelokasi titik transaksi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama ke GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama.

"Dengan perubahan sistem transaksi, serta pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way, Jasa Marga mencatat rekor tertinggi melayani lebih dari 166.000 kendaraan saat arus balik Lebaran 2019 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Jumlah ini meningkat hampir tiga kali lipat dari lalu lintas harian normal," kata Agus.

Keseharian pelayanan operasional juga terus ditingkatkan dengan menerapkan teknologi dalam bidang pelayanan serta pengendalian lalu lintas. Di antaranya mengimplementasikan Weigh In Motion (WIM) dalam pengendalian atas dimensi dan beban tonase muatan angkutan truk, Smart CCTV untuk memantau kecepatan kendaraan yang dilengkapi Automatic Number Plate Recognition System serta OAB (Oblique Approach Booth) atau dikenal dengan gardu miring, yang dapat direlokasi dalam waktu kurang dari 2 x 24 jam.

Dia menyebutkan, pencapaian Jasa Marga dalam 2019 ini selaras dengan komitmen Jasa Marga dalam percepatan pembangunan jalan tol dalam mendukung rencana pemerintah mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan konektivitas antarwilayah. Bertolak dari visi tersebut, Jasa Marga juga tak henti berinovasi, baik dalam bidang operasional, pengembangan usaha, maupun pendanaan, sehingga dapat melayani masyarakat dengan lebih optimal, khususnya pengguna jalan tol.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Bisnis
1 hari lalu

Jasa Marga Raup Laba Rp2,74 Triliun hingga Kuartal III 2025, Pendapatan Naik 4,83 Persen

Megapolitan
10 hari lalu

Perbaikan 7 Gerbang Tol Dalam Kota Rampung, Operasional Kembali Normal

Megapolitan
10 hari lalu

Rusak Pasca Demo Ricuh Akhir Agustus Lalu, Tujuh Gerbang Tol Dalam Kota Kembali Beroperasi Normal

Megapolitan
17 hari lalu

Transjakarta Buka Suara usai Bus Royal Trans Ludes Terbakar di Tol Wiyoto Jakut

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal