Kendati begitu, Jokowi memastikan saat ini biaya logistik nasional sudah turun di angka 14 persen, angka ini termasuk masih tinggi dari negara lain juga.
“Sekarang, biaya logistik kita sudah turun kurang lebih 14 persen. Sudah turun banyak tetapi tetap masih sedikit lebih tinggi dari negara lain dan ini menjadi PR kita bersama,” ujar Jokowi dalam sambutannya.
Jokowi menambahkan, Makassar New Port merupakan pelabuhan terbesar kedua setelah Pelabuhan Tanjung Priok dengan kedalaman 16 meter dan termasuk pelabuhan terdalam yang sangat baik untuk bersandarnya kapal-kapal besar yang mengangkut kontainer.
Kehadiran pelabuhan baru di Makassar mampu menampung 2,5 juta twenty-foot equivalent unit (TEUs) peti kemas untuk di dermaga tahap 1A, 1B, dan 1C. Hal ini ini juga menjadi angin segar bagi para shipping lines atau perusahaan pelayaran.
Karena dengan kedalaman yang dimiliki yakni -16 meter Low Water Springs (LWS), dermaga MNP sudah bisa disandari kapal dengan bobot besar atau post panamax yang biasa digunakan untuk direct call atau pelayaran langsung ke luar negeri.