Kisah di balik Suksesnya Bisnis Lokal Legendaris Ina Cookies bersama Shopee 

Rizqa Leony Putri
Ina Wiyandini, pemilik Ina Cookies yang sukses bertahan di tengah persaingan industri makanan lokal. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Di balik setiap cerita perempuan yang berdaya, dampak positif tidak hanya dirasakan oleh satu individu, tetapi juga komunitas di sekitar mereka secara keseluruhan. Masih dalam momentum perayaan Hari Perempuan Sedunia, Shopee mengangkat kisah bagaimana Ina Wiyandini, pemilik Ina Cookies bertahan di tengah persaingan industri makanan lokal dan berhasil menciptakan dampak lebih luas bagi komunitas sekitarnya.

Dengan inovasi dan semangat kewirausahaan, Ina menjadi salah satu sosok inspiratif yang membuktikan bahwa perempuan memiliki peran besar dalam membuka lapangan pekerjaan, menginspirasi generasi selanjutnya dan menggerakkan ekonomi daerah sekitarnya, khususnya melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Dedikasi Ina Wiyandini dalam membangun bisnis UMKM kue kering asal Bandung, menggambarkan bagaimana perempuan dapat tumbuh dan membawa perubahan. Tidak ada usaha yang instan, perjalanan lebih dari 33 tahun Ina Cookies untuk bertahan menjadi kisah manis tentang bagaimana perempuan dapat bangkit dan berinovasi. Ina juga kerap beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan melebarkan jangkauan penjualan online bersama Shopee.

Pemilik Ina Cookies Ina Wiyandini mengatakan, kepahitan yang dirinya alami saat berjualan jahe gajah kala itu, justru menjadi alasan terbesarnya saat ini untuk bersyukur. "Percaya pada takdir dan cerita Sang Maha Kuasa adalah hal terbaik," katanya. 

Pada 1992, bisnis kue kering dinilai Ina masih sangat jarang. Padahal, permintaan menjelang Hari Raya sangat tinggi. "Saya mencoba berani meminjam modal dari kakak ipar, belajar membuat lima jenis kue kering, dan memulai segalanya dari nol. Dari nastar hingga putri salju, saya merintis bisnis kecil-kecilan," ucapnya.

Ina menjual kuenya secara door-to-door, baik ke saudara maupun tetangga, dan memproduksi kue dari dapur rumah dengan peralatan seadanya. "Dari situlah, mulai perlahan-lahan belajar mengenai strategi pemasaran yang efektif dan cara mempertahankan bisnis di berbagai gempuran zaman, terutama masuk ke era digitalisasi pemasaran online, dan Shopee menjadi platform utama pilihan kami," tuturnya.

Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait
Bisnis
7 jam lalu

Jaga Keseimbangan Alam, KENCANA Tanam 1.000 Pohon Tiap Tahun

Bisnis
9 jam lalu

Bank Mandiri Percepat Penyaluran 67.000 Bantuan Bencana untuk Warga Sumatra

Music
9 jam lalu

Siapa Artis dan Kreator yang Menduduki Posisi Teratas Spotify Wrapped Live Indonesia 2025?

Bisnis
11 jam lalu

Kapal Api Goes to Campus di UGM, Buka Ruang bagi Mahasiswa Wujudkan Mimpi

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal