JAKARTA, iNews.id - 2024 merupakan tahun yang menantang bagi pemasar dan pelaku bisnis. Selain karena ada pemilihan umum, terdapat juga gejolak geopolitik global yang membayang-bayangi. Para pemasar dan pelaku bisnis membutuhkan bekal, kompas, sekaligus panduan dalam menerapkan strategi pemasaran yang tepat dan efektif di tengah ketidakpastian.
Menjawab kebutuhan dan kegelisahan para pemasar ini, MarkPlus Conference hadir kembali selama dua hari. Hari pertama dengan ASEAN Marketing Summit yang akan dihadiri oleh perwakilan negara-negara anggota ASEAN pada 6 Desember 2023 di Glass House, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Sedangkan konferensi marketing akan dibuka untuk publik pada 7 Desember 2023 di Grand Ballroom, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place.
Konferensi tahunan yang digelar MCorp ini merupakan konferensi ke-18 dengan mengusung tema Unstoppable Future.
“Future itu tidak bisa distop. Siapa pun presiden Indonesia nanti, kita tidak akan bisa mengubah pilihan tersebut. Namun, mau dalam situasi apa pun, baik politik, ekonomi, dan sosial, merek itu harus tetap sustain,” kata Founder and Chairman MCorp Hermawan Kartajaya dalam konferensi pers The Annual 18th MarkPlus Conference 2024 di Jakarta, Rabu (29/11/2023).
CEO PT Kimia Farma Apotek (KFA) Agus Chandra mengatakan bahwa tema unstoppable future selaras dengan misi KFA. Karenanya, KFA berpartisipasi dalam konferensi marketing ini.
“Kami melihat peluang di MarkPlus Conference yang akan dihadiri oleh banyak segmen muda, millennial, dan Gen Z. Ini momentum bagi kami untuk memperkenalkan produk dan layanan prima kami ke generasi muda,” ujar Agus Chandra.
MarkPlus Conference akan mengulik analisis tren, strategi, sekaligus marketing wisdom tahun depan dalam Indonesia Marketing Outlook 2024. Selain itu, ajang ini akan dihadiri para ketua asosiasi lintas industri yang akan membagikan industry outlook 2024, terkait tantangan, ancaman, hingga peluangnya. Mereka antara lain industri perbankan, makanan minuman, pusat belanja, ritel, otomotif, e-commerce, dan masih banyak lagi.
Akan ada konsep-konsep marketing terbaru yang dikupas, seperti dalam buku Marketing 6.0: The Future is Immersive yang ditulis oleh Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, dan Iwan Setiawan, serta konsep Entrepreneurial Marketing yang ditulis oleh Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, dan Jacky Mussry.
Selain itu, konferensi ini juga menyuguhkan tema-tema marketing aktual yang akan dibawakan oleh lebih dari 36 pembicara dalam banyak sesi. Tema-tema ini, antara lain Make Your Ads Work Smarter, Gen Zs Aren’t Millennials, Influencers: Nano is the New Mega, Brands Going Viral, Rewriting Social Media Rules, dan sebagainya.