Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Istimewa)
Mochamad Rizky Fauzan

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, pengembangan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) akan rampung pada 2024. Dia juga menjamin proyek itu tidak akan mangkrak. 

Adapun kelima DPSP tersebut di antaranya Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Likupang di Sulawesi Utara. 

"Semua kami integrasikan perencanaan mulai dari keuangan juga bisa selesai target kita sesuai 2024, kami tidak ingin proyek mangkrak sekarang progres bagus," ujar Luhut saat jumpa pers, Jumat (15/7/2022). 

Luhut menambahkan, hingga 2024 pengembangan lima DPSP tersebut akan menghabiskan anggaran Rp18,9 triliun dan sekarang sedang dilakukan penyisiran satu per satu agar tidak ada penyalahgunaan. 

"Rp18,9 triliun itu kita cek satu-satu, Pak Sandiaga (Menpar) dan tim, kemudian Kementerian PUPR melihat lagi satu-satu angka itu betul melakukan itu, saya jamin penyalahgunaan anggaran di situ kecil," kata dia.

Luhut membeberkan, dalam memastikan lima DPSP berjalan sesuai target, dirinya bersama kementerian terkait dan pemangku kepentingan akan kembali melakukan evaluasi pada Desember 2022 dalam rapat koordinasi. 

"Ini supaya manajemen kita lakukan dengan baik. kalau kita lihat Indonesia ekonomi terbaiknya di dunia, di tengah di gejolak perang Ukraina kita punya ekspor positif selama 26 bulan ini. Kita negara inflasinya terbaik di dunia sekarang perlu kita syukuri," ucap Luhut.



Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT