JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) sebagai salah satu upaya untuk memulihkan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19.
Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi, mengatakan fokus utama dari kampanye dari Gernas BBI adalah digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Hingga pertengahan Agustus 2021, lanjutnya, sudah lebih dari 15 juta UMKM atau lebih dari 22 persen dari total UMKM di seluruh di Indonesia sudah onboarding ke platform perdagangan elektronik.
"Dari 15 juta UMKM tersebut, lebih dari 7 juta UMKM merupakan hasil onboarding selama masa kampanye Gernas BBI yang diluncurkan pada Mei tahun 2020," ujar Muhammad Lutfi, pada Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia Pelangi Sulawesi, Kamis (26/8/2021).
Melihat perkembangan yang sangat positif, Mendag optimis target pemerintah untuk mendorong 30 juta UMKM untuk onboarding ke platform digital pada akhir tahun 2023 akan tercapai, bahkan melebihi target yang ditetapkan.