Menkop UKM dan Bos Tokopedia Sepakat Perkuat Brand UMKM agar Bisa Tembus Pasar Ekspor

Rahmat Fiansyah
Menteri Koperasi & UKM, Teten Masduki (kiri) saat menyambut Founder & CEO Tokopedia William Tanuwijaya (kanan) di ruang kerjanya, Kantor Kementerian Koperasi & UKM, Jakarta, Senin (4/11/2019). (Foto: Humas Kemenkop UKM)

Pria asal Sumatra Barat itu megatakan, pelaku UMKM memiliki tipikal pejuang, sehingga tidak perlu dikasihani. Yang dibutuhkan, kata dia, bagaimana program pemerintah bisa membuat UMKM mandiri.

Untuk memperkuat daya saing UMKM, kata William, harus dimulai dengan menguasai pasar dalam negeri. Caranya dengan memperkuat brand sekaligus mendorong UMKM memproduksi dalam skala industri.

"Potensi ekspor akan tercapai bila memiliki daya saing secara kualitas dan memiliki pasar yang jelas di luar negeri," ucapnya.

Untuk masuk ke pasar ekspor, menurut William, UMKM harus menjadi brand global. Dia menyebut perlu ada pelatihan yang tidak hanya berhenti bagaimana memproduksi barang yang berkualitas, tapi juga pelatihan manajemen produksi barang dalam skala besar.

"Banyak produk UMKM yang sebenarnya sudah berkualitas seperti fesyen, kosmetik yang dapat menjadi brand masa depan dan berkembang menjadi industri," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah
Artikel Terkait
Bisnis
2 hari lalu

Kementerian UMKM Gandeng Kemendagri dan Kemenpora Optimalkan Pengelolaan Stadion

Bisnis
2 hari lalu

Shopee Rayakan 10 Tahun Berdayakan UMKM, Penjualan Tembus 270 Miliar Dolar AS secara Global

Nasional
3 hari lalu

Anindya Bakrie Soroti Tingginya Angka Pengangguran Masyarakat Usia Muda

Bisnis
3 hari lalu

Rapimnas Kadin 2025, Anindya Bakrie Dorong Pemberdayaan UMKM Jadi Fokus Utama

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal