Sandiaga menuturkan, penggemar MotoGP sangat besar di seluruh dunia hingga 400 juta penonton di setiap serinya. Dengan begitu, menjadi salah satu faktor yang sangat kuat terhadap peningkatan pendapatan dari pelaku UMKM di dalam negeri.
“Sebagai upaya dukungan Kemenparekraf terhadap UMKM, terdapat 10 UMKM binaan Kemenparekraf yang masuk dalam booth Pertamina pada event MotoGP. Selain itu dalam mempromosikan produk parekraf,” kata dia.
“Dan kami (Kemenparekraf) mengadakan showcasing produk ekraf melalui Planogram Goes to Mandalika yang berlokasi di terminal kedatangan Bizam area selasar dengan jumlah peserta 300 dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner,” sambungnya.
Dengan begitu, untuk mendukung promosi dan mengamplifikasi penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022, Kemenparekraf/Baparekraf juga menggelar side event, di antaranya festival makanan yang melibatkan pelaku UMKM yang berlokasi di pantai Kuta Mandalika.