Hal tersebut dikelola dengan berbekal konsep ‘Bank as a Service (BAAS)’ yang diimplementasi sejak diluncurkannya MotionBank.
“Konsep BAAS merupakan model bisnis yang memanfaatkan infrastruktur layanan digital yang dimiliki oleh Bank atau lembaga jasa keuangan lainnya, untuk dapat dikolaborasikan dengan pihak ketiga. Hal tersebut memungkinkan pihak ketiga turut menawarkan produk dan layanan yang dimiliki kepada publik tanpa harus membangun atau memiliki infrastruktur layanan digital sendiri,” ucap Octavia.
Lebih lanjut dirinya memberikan contoh BAAS yang telah dilakukan oleh MNC Bank. Misalnya, bekerja sama dengan Taspen dan Indomaret sebagai mitra dalam melakukan pembayaran.
Tak hanya itu, dirinya juga menyampaikan beberapa benefit yang dapat dirasakan dengan mengimplementasikan konsep BAAS.
“BAAS secara tidak langsung akan berdampak dalam mempercepat transformasi digital Bank. Hal ini memungkinkan bank dengan cepat mengintegrasikan produk dan layanan keuangan terkini, menyederhanakan operasi, dan menjangkau segmen pelanggan lebih luas tanpa membangun semuanya dari awal. BAAS juga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menawarkan layanan dan fitur yang lebih luas, yang pada akhirnya meningkatkan loyalitas dan keterlibatan pelanggan,” ucap Octavia.