JAKARTA, iNews.id – Perhelatan besar Piala Dunia 2018 yang akan menyedot perhatian para penikmat sepak bola diyakini akan mendorong pelaku bisnis untuk beriklan pada momen tersebut.
Nielsen Indonesia mencatat, saat Piala Dunia 2010, total belanja iklan di bulan gelaran tersebut berlangsung, lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan di luar pelaksanaan tayangan Piala Dunia. Tercatat di bulan Juni dan Juli 2010, belanja iklan masing-masing mencapai Rp3,1 Triliun, relatif lebih tinggi dari bulan-bulan lainnya di sepanjang tahun 2010.
Selama periode Piala Dunia FIFA 2010 (11 Juni-11 Juli 2010), total belanja iklan yang tayang pada progam-program pertandingan Piala Dunia mencapai Rp695 miliar dengan jumlah spot iklan sebanyak 10.541 spot iklan.
Dari sisi kategori produk, kategori produk Iklan Korporasi menjadi pengiklan terbesar dengan total belanja iklan Rp116,8 miliar, diikuti oleh kategori Rokok Kretek dengan belanja iklan sebesar Rp104,1 miliar dan kategori elekomunikasi Rp85,3 Miliar.
Sementara itu, kategori minuman kesehatan dan makanan, termasuk mie Instan berada di urutan berikutnya masing-masing dengan total belanja iklan Rp64,9 Miliar dan Rp30,2 Miliar.