Sementara itu, untuk layanan Commuter Line Merak, jumlah pengguna mencapai 2.206.671 orang, naik 4,77 persen dibanding Semester I 2024 yang mencatat 2.106.275 penumpang.
Sebaliknya, volume pengguna Commuter Line Basoetta di Semester I 2025 tercatat 2.164.050 orang, turun sekitar 3 persen dibanding periode sebelumnya yang berjumlah 2.231.598 orang.
Joni menambahkan bahwa selain dari sisi volume penumpang, KAI Commuter juga mempertahankan performa waktu operasional yang tinggi. Di Semester I 2025, On Time Performance (OTP) untuk keberangkatan Commuter Line Jabodetabek mencapai 98,6% dan ketepatan waktu kedatangan 98%.
Untuk layanan Commuter Line Merak, ketepatan keberangkatan dan kedatangan masing-masing mencapai 100%. Di sisi lain, Commuter Line Basoetta mencatat ketepatan keberangkatan 100% dan kedatangan sebesar 99,9%.
“Ketepatan waktu bukan hanya soal angka, tetapi tentang menjaga performa dan kualitas layanan transportasi publik. Ini yang terus kami jaga dan tingkatkan, agar KAI Commuter selalu menjadi pilihan utama transportasi publik, tapi juga mitra mobilitas yang selalu bisa diandalkan,” tambah Asdo.
Capaian ini tidak lepas dari peningkatan keandalan sarana. Sepanjang semester ini, KAI Commuter telah mendatangkan sembilan rangkaian KRL baru untuk mendukung operasional, dan lima di antaranya telah mulai melayani lintas Bogor dan Cikarang.
Dalam upaya meningkatkan layanan, KAI Commuter bersama Balai Teknik Perkeretaapian DJKA juga mulai mengoperasikan bangunan baru Stasiun Tanah Abang yang menghadirkan pola layanan dan operasional perjalanan yang baru bagi pengguna.
Tak hanya itu, KAI Commuter terus berinovasi agar masyarakat semakin mudah menggunakan layanan Commuter Line, termasuk integrasi dengan moda transportasi lain seperti KA Jarak Jauh, LRT, MRT, serta transportasi darat lainnya.
KAI Commuter menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah menjadikan Commuter Line sebagai bagian dari gaya hidup mereka dalam bertransportasi.
“Sesuai dengan visi perusahaan, yaitu menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban melalui pengelolaan transportasi perkotaan terbaik di Indonesia, KAI Commuter terus meningkatkan layanan kepada seluruh penggunanya,” tutup Asdo.