YOGYAKARTA, iNews.id - PT Pegadaian (Persero) berupaya melakukan regenerasi nasabah dan menyasar segmen baru untuk menjawab persaingan di era industri keuangan 4.0 dan kemungkinan adanya disrupsi teknologi.
Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Harianto Widodo mengakui bahwa nasabah eksisting yang berusia di atas 36 tahun jumlahnya mencapai 68 persen. Nasabah tersebut umumnya kurang memiliki pengetahuan teknologi dan masih mengandalkan transaksi konvensional yang harus tatap muka dan mendatangi gerai fisik.
"Saat ini yang menghidupi Pegadaian memang nasabah yang konvensional tadi, tetapi kalau tidak ada transformasi, lima tahun lagi tidak mungkin bisa meregenerasi nasabah," kata Harianto pada acara temu media PT Pegadaian di Yogyakarta, Sabtu (27/7/2019).
Harianto menyebutkan profil nasabah dengan transaksi konvensional dengan usia di bawah 36 tahun (milenial) hanya sekitar 33 persen dengan porsi perempuan 63 persen dan laki-laki 37 persen.
Namun ketika layanan gadai bergeser melalui proses digital, porsinya menjadi lebih besar sekitar 72 persen untuk nasabah berusia di bawah 36 tahun dengan jumlah sebanding yakni perempuan 50,5 persen dan laki-laki 49,4 persen.