Desain gedung di IKN Nusantara. Foto: Kementerian PUPR
Iqbal Dwi Purnama

JAKARTA, iNews.id - Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono, membeberkan dalam waktu dekat pemerintah bakal melakukan penandatanganan proyek-proyek pembangunan tahap awal yang sebelumnya sudah ditenderkan.

"Insyaallah bahkan minggu depan Menteri PUPR akan melakukan serangkaian penandatanganan kontrak yang akan dilakukan oleh bapak menteri PU," ujar Bambang usai Ratas (Rapat Terbatas) di Istana Presiden, Selasa (24/8/2022).

Saat ini, lanjutnya, progres pembangunan IKN Nusantara masih on the track atau masih seusai dengan jadwal yang sudah dibuat sebelumnya.

Selain pengerjaan proyek melalui mekanisme tender dari pemerintah, Bambang juga menyinggung tentang peluang yang juga bisa dikontribusikan dalam mendukung Mega proyek tersebut, salah satu adanya investor yang besar maupun yang kecil.

"Kami juga mulai untuk membuka peluang-peluang investasi, untuk berbagai macam investor baik besar dan kecil, termasuk UMKM juga, untuk nanti berpartisipasi sehingga nanti pada waktunya di thn 2024 yg disebut ekosistem dari satu kota yg layak huni itu akan terwujud," kata Bambang.

Dia berharap, saat proses pembangunan tahap awal di 2024 itu bukan hanya ada gedung perkantoran yang dibangun melalui APBN, namun juga sudah tersedia fasilitas pendukung yang dibangun tidak dari APBN.

"Jadi kita tidak hanya melihat bangunan-bangunan yang megah dan bahasa yang bagus, topografi yang bagus, tapi juga suasanya yang nanti orang bisa menikmati di IKN Nusantara," ungkap Bambang.

Sebelumnya Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membuka lelang tender untuk beberapa bangunan tahap awal, seperti pembangunan kantor pemerintahan, jalan, drainase, dan lainnya.


Editor : Jeanny Aipassa

BERITA TERKAIT