Dia mencatat, long span dibutuhkan karena kondisi semua trase proyek LRT Jakarta Fase 1B dikerjakan di area jalan raya dengan lalu lintas aktif dan padat di Kota Jakarta dan beberapa melintas di simpang besar.
Contohnya, pekerjaan di area halte TransJakarta menggunakan steel box girder bentang panjang sehingga tetap operasi dan tidak membongkar halte.
Nantinya, LRT Jakarta akan dioperasikan dengan waktu jeda atau headway selama 10 menit. Melalui perpanjangan rute ini, diperkirakan ada peningkatan potensi penumpang secara bertahap menjadi 80.000 per hari.
Untuk memaksimalkan okupansi LRT Jakarta, ke depan LR Jakarta akan mengembangkan Fase 2A dengan lintas Kelapa Gading-JIS, 1C Manggarai-Dukuh Atas, 1D Dukuh Atas-Pesing.
Selain itu, terdapat rute 3A dan 3B yang masing-masing akan melengkapi rute Kemayoran-JIS-Kelapa Gading-Velodrome-Klender-Halim.