Mendag mengungkapkan, kunjungan Presiden Jokowi juga dapat meneruskan diplomasi hubungan bilateral dalam Perundingan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Emirat Arab (IUEA-CEPA), yang memberi kesempatan besar bagi Indonesia untuk mendapat sorotan potensi yang lebih luas dan menjanjikan di mata dunia.
Dalam ajang National Day, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga akan meluncurkan inisiatif bertajuk Indonesia Spice Up The World, guna mengenalkan kekayaan rempah lokal ke dunia dan membuka peluang perdagangan hingga ke kancah global.
Kegiatan National Day yang digelar Indonesi mengusung konsep “Land of Diversity”, yang menggambarkan sejarah kekayaan budaya Tanah Air di masa lalu, seraya mengenalkan potensi dan peluang keterbukaan Indonesia kepada dunia saat ini, serta kesiapan bangsa menuju Indonesia Emas 2045.
Semuanya dirangkum dalam pertunjukan seni dan budaya yang dimeriahkan oleh para penampil terbaik Tanah Air, termasuk diantaranya penyanyi muda Tanah Air, Lyodra Ginting.
Melalui acara ini, para pihak yang berkepentingan dapat membuka kesempatan lebih luas untuk menjalin hubungan strategis dalam jangka panjang di sektor perdagangan, investasi, dan pariwisata.
Selain itu, National Day juga ditargetkan dapat menjaring lebih banyak khalayak untuk berkunjung ke Paviliun Indonesia, yang ditargetkan hingga 2,5 juta orang, atau total 10 persen dari total pengunjung World Expo 2020 Dubai. Paviliun Indonesia akan menyajikan 26 tema mingguan, lebih dari 75 forum bisnis, serta 300-an jenis produk UMKM siap ekspor.
Pada perhelatan World Expo 2020 Dubai, National Day merupakan perayaan yang paling ditunggu-tunggu. Setiap negara yang merayakan National Day pun menghadirkan pertunjukan terbaik yang paling merepresentasikan negara mereka untuk memikat ketertarikan seluruh pengunjung World Expo 2020 Dubai. Beberapa negara pun turut menghadirkan pemimpin negaranya pada National Day, seperti Maladewa, Swiss dan masih banyak lagi.